Program Sukarelawan EMCL Tanam Pohon di Embung Gayam

PEDULI LINGKUNGAN : Sejumlah sukarelawan EMCL dan stakeholder tanam pohon di Embung Desa Gayam.

Suarabanyuurip.com – Arifin Jauhari

Bojonegoro – Program Sukarelawan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) Volunteer Program (EVP) menggelar kegiatan tanam pohon di embung Desa Gayam dan edukasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Gayam. Kedua tempat kegiatan ini berada di Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Rabu (16/11/2022).

Kapolsek Gayam, Bambang Adi Tenggani, dalam sambutan mengatakan, gelaran acara sukarela hasil kolaborasi karyawan EMCL dengan berbagai pihak adalah hal yang sangat bagus.

“Oleh karena itu, mari kita jaga bersama objek vital nasional yang ada di wilayah Kecamatan Gayam ini,” katanya.

EMCL Community Relation Supervisor, Beta Wicaksono.
© 2022 suarabanyuurip.com/Arifin Jauhari

EMCL Community Relation Supervisor, Beta Wicaksono menuturkan, EVP merupakan bentuk kerja bakti atau kesukarelawanan yang mempertemukan antara pihak EMCL dengan masyarakat. Gagasan yang diwujudkan adalah kolaborasi. Bisa berasal dari masyarakat maupun pihak EMCL.

“EVP tatap muka ini yang pertama sejak pandemi. Tujuan kami ingin lebih dekat dengan masyarakat. Secara sukarela, istilahnya bebarengan mbangun desa,” tuturnya kepada SuaraBanyuurip.com, Rabu (16/11/2022) disela-sela penanaman pohon di Embung Gayam.

Baca Juga :   Dukung Program Tanam Pohon, SKK Migas Perlu Kolaborasi dengan Pemangku Kepentingan Daerah

Adapun kegiatan di embung Desa Gayam, lanjut Beta, adalah penghijauan dan tebar benih ikan. Sebanyak 865 bibit pohon jenis glodokan, tiang, ketapang, beringin, dan trembesi ditanam bersama sama 40 peserta dari EMCL dan 55 stakeholder di sekitar pusat operasi lapangan Banyu Urip, Blok Cepu. Sedangkan benih ikan yang ditebar dari jenis nila dan tombro.

“Program EVP ini ada sejak 2016. Tetapi tanam pohon sudah dilakukan sejak EMCL beroperasi. Untuk tahun 2022 ini, sekira 20.800 bibit pohon telah kami tanam tersebar di Kabupaten Bojonegor, Tuban, dan Lamongan, Jawa Timur,” ujarnya.

AM EMCL, Teddy Brinkley.
© 2022 suarabanyuurip.com/Arifin Jauhari

Kerja sukarela dari EMCL ini mendapat apresiasi dari Kepala Desa Gayam, Winto. Menurutnya, perhelatan itu dinilai sangat positif untuk menjaga kelestarian alam.

“Tentu saya mendukung penuh acara ini. Karena sangat positif manfaatnya bagi kita semua,” ujar Winto, yang juga ikut dalam acara.

Sementara itu, kegiatan yang dihelat di SMPN 1 Gayam yaitu Fun English Day dipandegani oleh Asset Manager EMCL Teddy Brinkley dan Kampanye Keselamatan Berlalu Lintas yang dipandu oleh Public and Government Relation (PGA) Febryanto Silaban, serta bersih bersih dan pengecatan oleh semua sukarelawan.(fin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *