Realisasi Jalan Tol Ngarobat Masih Tunggu Pembangunan Ruas Demak-Tuban

FOTO ILUSTRASI : Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dan sejumlah pemerintah desa saat mengikuti sosialisasi rencana pembangunan jalan Tol Ngarobar.

Suarabanyuurip.com – Joko Kuncoro

Bojonegoro – Studi pembangunan jalan tol ruas Ngawi-Bojonegoro-Babat (Ngarobat) sudah selesai. Namun, jalan tol ruas Ngarobat masih menunggu kejelasan pembangunan tol ruas Demak-Tuban.

Salah satu Konsultan Jalan Tol Sanz Limin mengatakan, studi untuk pembangunan jalan tol ruas Ngarobat sudah selesai. Namun, untuk prioritas pembangunan jalan tol Ngarobat masih dirumuskan apakah akan jadi prioritas atau tidak.

“Kalau dari studi sepertinya akan menunggu kejelasan yang ruas Demak-Tuban dahulu,” katanya, Senin (27/2/2023).

Dia mengatakan, jalan tol Ngarobat tetap akan dibangun meskipun tidak menjadi prioritas. Tetapi pembangunannya menunggu menunggu ruas Demak-Tuban.

Sebelumnya, Tim Teknis Perwakilan Kementerian PUPR, Ridwan Hoesin mengatakan, jalan tol ruas Ngarobat yang akan dibangun memiliki panjang 116,78 Km di atas lahan solo valley.

Jumlah desa di Bojonegoro yang akan dilewati sebanyak 69 desa tersebar di 16 kecamatan. Di antaranya Kecamatan Baureno, Kepohbaru, Sumberrejo, Balen, Sukosewu, Kapas, Bojonegoro, Dander, Ngasem, Kalitidu, Gayam, Purwosari, Tambakrejo, Padangan, Ngraho, dan Margomulyo.

Baca Juga :   Lima Ruas Tol Berikan Diskon Hingga 58 Persen

“Namun jumlah desa ini masih bisa berubah. Sebab, perencana pembangunan jalan tol ini masih dalam studi kelayakan,” ujarnya saat Konsultasi Publik di Pendapa Malawapati Pemkab Bojonegoro beberapa waktu lalu.

Dijelaskan jalan tol ruas Ngarobat ini akan menghubungkan jalan tol ruas Solo-Ngawi-Kertosono yang sudah beroperasi dan terhubung dengan jalan tol ruas Demak-Pati-Babat dan Babat-Manyar.

“Nantinya, jalan tol ini juga terhubung dengan jalan tol eksisting ruas Surabaya Gresik. Sehingga, Tol Ngarobat akan berfungsi sebagai jaringan jalan tol penghubung lintas tengah dan utara,” pungkasnya.(jk)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *