Maurel & Prom, Anak Perusahaan PIEP Berhasil Catat Laba 211 Juta USD

FOTO ILUSTRASI : Maurel & Prom S.A. anak perusahaan PT Pertamina Internasional Eksplorasi dan Produksi Regional Internasional Subholding Upstream Pertamina, mengelola lapangan migas di luar negeri.

Suarabanyuurip.com – Sami’an Sasongko

Jakarta – Maurel & Prom S.A. (M&P), anak perusahaan PT Pertamina Internasional Eksplorasi dan Produksi (PIEP) Regional Internasional Subholding Upstream Pertamina, berhasil mencatat capaian kinerja yang baik. Dimana saham mayoritas sebesar 71,09% dimiliki oleh PIEP.

Sepanjang tahun 2022, M&P berhasil mencatat pencapaian produksi berdasarkan participating interestnya di M&P yang stabil di angka 25.584 BOEPD.  Pada kinerja keuangan, M&P mencatat EBITDA sebesar $443 juta dan laba bersih sebesar $211 juta, masing-masing naik 58% dan 55% dibandingkan tahun 2021 yaitu $280 juta dan $136 juta di tahun 2021.

CEO M&P, Olivier de Langavant mengatakan, selama dua tahun berturut-turut M&P mencatatkan keuangan yang terus meningkat. Hal ini disebabkan oleh faktor makro-ekonomi dan tingginya harga minyak dunia. Khususnya pada semester pertama tahun 2022. Pegelolaan keuangan yang disiplin memegang peranan utama dalam tingginya inflasi.

Dengan arus kas yang kuat di sepanjang tahun, M&P dapat melaksanakan strategi pengelolaan modalnya untuk pengurangan hutang (deleveraging), pertumbuhan, dan distribusi. Terutama terkait dengan deleveraging, dengan hutang bersih tercatat di bawah $200 juta.

Baca Juga :   PT SER Hadirkan Saksi Ahli, Penggugat PI Blok Cepu Akan Datangi KPK

“Sementara pertumbuhan, termasuk diantaranya pembelian drilling rig C18 Maghèna untuk Caroil di Gabon dan akuisisi Wentworth Resources yang dapat meningkatkan posisi perusahaan di Tanzania,” katanya dalam siaran persnya yang diterima SuaraBanyuurip.com.

Direktur Utama PIEP, John Anis, mengapresiasi tertinggi diucapkan kepada M&P atas pencapaian kinerjanya di tahun 2022. Ditambah dengan redistribusi langsung dari nilai yang diciptakan kepada pemegang saham dalam bentuk Dividen sebesar €0,14 per saham, atau setara $29 juta, dan dibayarkan pada Juli 2022 untuk tahun 2021.

Sementara dividen sebesar €0,23 per saham, atau setara $50 juta, diserahkan kepada voting pemegang saham untuk tahun 2022.

“Peningkatan ini membuktikan komitmen M&P untuk memberikan value creation kepada pemegang saham secara bersamaan terus mengembangkan portofolio perusahaan,” ucapnya.

M&P merupakan perusahaan publik yang terdaftar di bursa Euronext Paris dengan saham mayoritas sebesar 71,09% dimiliki oleh PIEP. M&P diakuisisi Pertamina Group pada tahun 2017 dengan wilayah operasi yang tersebar di Afrika dan Amerika Latin terdiri dari aset produksi dan eksplorasi.(sam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *