PPSDM Migas Menggelar Pelatihan Operasi Pesawat Angkat Unit Forklift Beban

PPSDM Migas menggelar pelatihan Operasi Pesawat Angkat Unit Forklift Beban secara daring.

Suarabanyuurip.com – d suko nugroho

Blora – Operator forklift adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk mengoperasikan forklift secara aman dan efisien. Pada pekerjaan ini, mereka harus memahami bagaimana cara mengontrol forklift dengan benar.

Tidak hanya itu, mereka harus mampu membaca panduan pengoperasian dan juga memastikan memastikan bahwa forklift selalu dalam kondisi yang baik serta mampu menghindari kecelakaan kerja yang tidak diinginkan.

Karena hal inilah, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) menggelar pelatihan Operator Forklift untuk para operator forklift di industry migas pada Senin (5/6/2023).

Muhammad Hasyim Pribadi, pemateri K3 Industri Migas menjelaskan tentang penerapan K3 untuk Forklift.

“Ketika memasuki tempat kerja, maka pekerja wajib mentaati semua petunjuk keselamatan kerja dan memakai alat-alat perlindungan diri yang diwajibkan sesuai dengan Undang Undang Nomor 1 Tahun 1070 Pasal 13. Kita harus mengetahui bahwa ada beberapa sumber bahaya di tempat kerja yaitu manusia, lingkungan kerja, peralatan serta dari bahan atau material,” ujarnya.

Baca Juga :   Upacara Hari Pahlawan di PPSDM Migas Berlangsung Khidmat

Ia menambahkan dalam penjelasannya bahwa terdapat juga bermacam bahaya di kilang migas seperti bahaya fisis. Ia merupakan bahaya yang disebabkan oleh sifat fisis alat kerja dan tempat kerja misalnya jatuh dari ketinggian atau terbakar di suhu yang tinggi. Selanjutnya adalah bahaya mekanis yang merupakan bahaya yang disebabkan oleh mekanis dari suatu alat – alat kerja dan tempat kerja. Berikutnya adalah bahaya kimiawi dari sifat kimia bahan serta bahaya elektris.

“Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini mereka mempunya bekal tentang teori praktis operasi pesawat angkat unit forklift beban termasuk tentang keselamatan kerja di lingkungan industri migas,” pungkasnya.

Dalam pelatihan ini peserta juga mendapat materi K3 Industri Migas, Alat Bantu Angkat Beban dan Tanda Material Handling, Pengetahuan, Perawatan dan Komponen Forklift, Dasar Rigging dan Pengelolaan Beban, Petunjuk Operasi dan Keselamatan Pengoperasian Forklift, Mekanika Teknik dan Load Chart, dan Praktik Operasi Forklift.(adv/suko)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Baca Juga :   PPSDM Migas Genjot Pemahaman Materi tentang Operasi Produksi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *