PPSMD Migas Tingkatkan Pemahaman Pengawas K3 Migas

Pengawas K3 Migas saat mengkuti pelatihan di PPSMD Migas secara daring.

Suarabanyuurip.com – d suko nugroho

Blora – Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) menyelenggarakan Pelatihan K3 Pengawas yang dibuka pada Senin (12/6/2023).

Pelatihan ini ditujukan bagi para pengawas K3 dalam suatu perusahaan atau industri untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dalam memastikan kesehatan serta keselamatan dan Kesehatan kerja di mana mereka bekerja untuk menciptakan tempat kerja yang aman.

Dalam pelatihan ini, Martono salah satu pemateri menjelaskan bahwa peserta mempelajari berbagai aspek penting terkait dengan K3. Seperti faktor risiko yang dapat mempengaruhi kesehatan dan keselamatan kerja, cara mengidentifikasi dan menangani bahaya di tempat kerja, serta strategi untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja.

“Tujuan K3 pada dasarnya adalah mnciptakan tempat kerja yang aman dan selamat tak hanya bagi pekerja tetapi juga peralatan. Keselamatan dalam IASP (International Association of Safety Professional) termasuk keamanan adalah tanggung jawab etik, bahwa keselamatan adalah sebuah budaya bukan sebagai program yang bisa berakhir dan beberapa hal penting lainnya,” ungkapnya.

Baca Juga :   PPSDM Migas Adakan Pelatihan Pengawas Scaffolding

Martono juga menambahkan apa saja yang termasuk dalam syarat K3 yaitu pencegahan keamanan, kebakaran, peledakan, tanggap darurat, P3K, APD, keselamatan lingkungan, kesehatan kerja, penerangan, suhu dan lembabnya udara, ventilasi, kebersihan, house-keeping dan banyak lainnya.

Ia berharap setelah pelatihan ini seorang pengawas K3 harus mampu memahami tentang peraturan dan standar keselamatan kerja yang berlaku di Indonesia, sehingga peserta dapat memahami dan mengaplikasikannya dengan baik dalam pekerjaan sehari-hari.

“Hal ini guna memastikan lingkungan kerja aman dan sehat bagi karyawan,” pungkasnya.(adv/suko)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *