Elnusa Perkuat Kapasitas Bisnis dengan Pembelian AWB Offshore untuk Produksi Migas

AWB Offshore yang dibeli oleh ELNUSA merupakan armada ke-11 yang dikelola oleh anak usahanya, yaitu PT Elnusa Trans Samudera (ETSA). (Dok.Elnusa)

Suarabanyuurip.com – d suko nugroho

Jakarta – PT Elnusa, perusahaan jasa energi nasional yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina, melihat peluang pasar yang besar pada industri minyak dan gas bumi (migas) di masa depan. Dalam rangka memanfaatkan peluang tersebut, ELNUSA terus meningkatkan kapasitas bisnisnya dan melakukan investasi yang tepat guna.

Pada semester pertama tahun 2023 ini, perusahaan tersebut mengalokasikan belanja modalnya untuk membeli Accommodation Work Barge (AWB) Offshore jenis tongkang kerja.

AWB Offshore yang dibeli oleh ELNUSA merupakan armada ke-11 yang dikelola oleh anak usahanya, yaitu PT Elnusa Trans Samudera (ETSA). Armada ini memiliki kapasitas deck area yang luas dan mampu menampung hingga 200 personal on board (POB). Selain itu, AWB Offshore dilengkapi dengan crane berkapasitas 92,2 ton yang dapat digunakan untuk mendukung produksi migas di lepas pantai.

John Hisar Simamora, Direktur Utama ELNUSA menyatakan, “Kami tidak tinggal diam merespon gairah iklim migas tanah air yang kembali membara, terlebih SKK Migas telah menyampaikan bahwa potensi hulu migas di lepas pantai dan Indonesia bagian timur masih amat besar. Untuk itu, adalah tugas kami sebagai satu-satunya aset nasional yang memiliki kompetensi dan pengalaman mumpuni di bidang jasa migas untuk mengerjakan dan mengembangkan industri migas di Indonesia.”

Baca Juga :   Elnusa Targetkan Pendapatan 2022 Capai Rp8 Triliun

John menambahkan, investasi ini akan mendatangkan dua hal. Pertama, akan meningkatkan kepercayaan pelanggan dan pemegang saham terhadap ELNUSA dalam mendukung optimalisasi produksi migas menggunakan aset mandiri. Kedua, menambah profit perusahaan secara konsolidasian, karena AWB Offshore ini diyakini menjawab permintaan pasar yang sedang tumbuh dan ditargetkan dapat mendukung produksi migas di perairan kalimantan timur, perairan laut jawa, perairan sumatera dan wilayah Offshore lainnya. Selain itu, dengan investasi AWB Offshore ini, ditargetkan bisa menekan biaya operasi (sewa) dan peningkatan efisiensi proyek hingga 20 persen.

“Atas hal tersebut, kami siap mendukung secara penuh program Pemerintah dalam mengembalikan masa keemasan produksi migas nasional yang pada akhirnya signifikan berkontribusi pada capaian pendapatan negara,” tutup John.

Sebagai informasi, ELNUSA merupakan anak perusahaan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina. Perusahaan ini memiliki kompetensi inti dalam jasa hulu migas, jasa distribusi dan logistik energi, serta jasa penunjang. Saat ini, ELNUSA melayani perusahaan migas nasional dan internasional, termasuk Pertamina Group, British Petroleum, Conoco Phillips, Soco Exploration (Vietnam) Ltd, dan lain-lain.

Baca Juga :   Elnusa Raih Penghargaan di Ajang IAGI Exploration Award 2020

Dengan investasi AWB Offshore ini, ELNUSA menunjukkan komitmennya untuk terus berinovasi dan memperkuat posisinya sebagai pemain utama dalam industri migas di Indonesia.(suko)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *