Punya Utang Rp 2,7 Miliar, Anna Mu’awanah Tetap Bupati Terkaya di Jatim

Anna Mu'awanah.
Ketua DPC PKB Bojonegoro Anna Mu'awanah telah mendapat surat rekomendasi dari DPP PKB untuk maju Pilkada Bojonegoro 2024.

Suarabanyuurip.com – Joko Kuncoro

Bojonegoro – Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah mempunyai utang sebesar Rp 2,7 miliar. Meski demikian, harta kekayaannya masih mencapai Rp 87 miliar. Tumpukan harta kekayaan ini menempatkan Bupati Anna sebagai kepala daerah terkaya di Jawa Timur.

Harta kekayaan tersebut diketahui dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dirilis Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 20 Februari 2023 atau periodik 2022.

Anggota Komisi B DPRD Bojonegoro Lasuri menilai pejabat daerah seperti Bupati Bojonegoro jika memiliki utang mencapai miliaran rupiah tentu sah-sah saja.

“Namun, utang yang mencapai Rp 2,7 miliar itu digunakan untuk apa, di sisi lain bupati memiliki kekayaan yang fantastis,” katanya, Kamis (22/6/2023).

Lasuri mengatakan, harta kekayaan Bupati Bojonegoro yang dilaporkan di LHKPN sebesar Rp 87 miliar. Jumlah Itu termasuk kepemilikan aset yang bergerak maupun tidak bergerak.

“Ya menurut saya sah-sah saja seorang pejabat tinggi memiliki utang banyak,” ucapnya.

Bupati asal Kabupaten Tuban ini memiliki 50 item tanah dan bangunan yang dilaporkan dalam LHKPN 2022. Salah satunya bangunan seluas 116,1 meter persegi (M3) di Negara Australia senilai Rp 11.182.722.238.

Baca Juga :   Warga Pajangan Kesulitan Air Bersih

Bangunan milik Bupati Anna di negeri Kanguru itu diperoleh dari hasil sendiri. Namun, dalam LHKPN tidak disebutkan secara rinci kapan bangunan tersebut dibeli, apakah sebelum atau sesudah menjabat Bupati Bojonegoro.

Sementara bupati terkaya di Jatim diurutan kedua adalah Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono. Dia memiliki harta kekayaan sebesar Rp 50,7 miliar.

Di urutan ketiga adalah Bupati Jember Hendy Siswanto dengan harta kekayaan mencapai Rp 27,4 miliar. Di peringkat keempat yaitu Walikota Pasuruan, Saifullah Yusuf. Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur, ini memiliki harta kekayaan sebesar Rp 26,4 miliar.

Sementara diurutan ke lima kepala daerah terkaya di Jatim adalah Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar dengan harta kekayaan sebesar Rp 25,2 miliar.(jk)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *