Pertamina Hulu Indonesia Gandeng PPSDM Migas Tingkatkan SDM Lokal

Peserta pelatihan dari warga lokal Kalimantan Timur mendapat pelatihan bidang migas di PPSDM Migas.

Suarabanyuurip.com – d suko nugroho

Blora – Sebanyak 20 putra daerah dari Kalimantan Timur mendapat pelatihan operator keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dan operator lantai perawatan sumur di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas).

Pelatihan tersebut merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan PHI Region 3 Zona 9 untuk mendidik putra daerah. Program CSR ini merupakan bentuk tanggungjawab sosial dan dukungan regulasi untuk mengembangkan sumber daya manusia daerah di sekitar area perusahaan.

Pelatihan dilaksanakan PHI Region 3 Zona 9 bekerja sama dengan PPSDM Migas. Program pelatihan PHI Region 3 Zona 9 secara resmi dibuka oleh SubKoordinator Sertifikasi, Suntoro pada Senin (10/7/2023) di Ruang Rapat Lantai 3 Kantor Besar PPSDM Migas.

“Saya ucapkan selamat datang untuk adik-adik semua. Setelah kalian selesai melakukan pelatihan ini, kegiatan selanjutnya adalah uji kompetensi yang jika lulus maka akan mendapatkan sertifikat kompetensi. Jadi kesempatan pelatihan selama tiga minggu di PPSDM Migas, silahkan dipergunakan dengan sebaik – baiknya. Di sini kalian akan melihat secara langsung peralatan-peralatan di lapangan dan akan diberi kesempatan untuk melakukan praktik serta melihat lapangan lainnya,” ucapnya.

Baca Juga :   Mahasiswa STTR dapat Pelatihan Teknisi Perawatan Mekanik di PPSDM Migas

Turut hadir dalam pelatihan tersebut, Officer Comunication Relation Region 3 Zona 9 PHI, Abi Muhammad Nugraha.

“Kami PT Pertamina Hulu Indonesia mengucapkan terima kasih kepada PPSDM Migas sehingga kami dapat menjalankan program tanggung jawab sosial dan lingkungan yang mendukung tujuan pengembangan berkelanjutan untuk memberdayakan masyarakat. Pelatihan ini berorientasi pada kesejahteraan manusia dengan harapan dapat mengurangi angka pengangguran yang ada di daerah operasional kita. Untuk peserta, kami harapkan dapat mendapatkan ilmu yang bermanfaat kedepannya dan jadikan latihan di sini sebagai bekal di masa yang akan datang,” ujarnya.

Menutup rangkaian kegiatan ini, Staf Departement Formalitas dan Communication SKK Migas, Marsha Devana Utami turut memberikan semangat kepada seluruh peserta.

“Kami mengucapkan terima kasih dan memberi apresiasi kepada PHI Region 3 Zona 9 atas dedeikasi dan kesediannya untuk turut serta dan terlibat dalam pengembangan masyarakat dalam peningkatan kapasitas sumber manusia di sekitar operasi migas, khususnya di daerah Kutai Kartanegara dan Kota Timur. Selanjutnya kami juga mengucapkan terima kasih kepada PPSDM Migas atas kesiapan dan kesediannya untuk melakukan pelatihan kepada temen-temen semuanya,” ungkapnya.

Baca Juga :   Kenalkan Industri Migas, PPSDM Migas Meriahkan Karnaval Kota Cepu

Ia menegaskan pelatihan ini merupakan bentuk kontribusi sektor hulu migas untuk meningkatkan SDM masyarakat sekitar operasi migas. Marsha berharap seluruh peserta dapat memetik manfaat bagi diri sendiri maupun masyarakat dari pelatihan yang diberikan.

“Program ini juga mendukung program dari pemerintah khususnya pada program siap kerja yang merupakan dari bagian kukar idaman saat ini,” tandasnya.

Sebagai informasi program ini diampu oleh tenaga pengajar berasal dari pejabat fungsional widyaiswara, instruktur dan fungsional umum PPSDM Migas. PT Pertamina Hulu Indonesia Region 3 Zona 9 mengirimkan sebanyak 20 peserta yang berasal dari putra daerah Kalimantan Timur.(adv/suko)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *