PHI Regional 3 Zona 9 Latih Operator Lantai Perawatan Sumur di PPSDM Migas

Pekerja Pertamina Hulu Indonesia saat mengikuti pelatihan operator lantai perawatan sumur di PPSDM Migas.

Suarabanyuurip.com – d suko nugroho

Blora – Pemboran minyak dan gas bumi (Migas) adalah proses yang kompleks dengan teknologi terkini dan membutuhkan perawatan yang cermat untuk memastikan produksi yang efisien dan aman. Salah satu bagian kunci dalam operasi ini adalah peran seorang Operator Lantai Perawatan Sumur yang terlibat dalam perawatan sumur selama operasi pemboran minyak dan gas bumi.

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) menjawab kebutuhan akan pentingnya pekerja yang kompeten di sektor ini. Oleh sebab itu PT Pertamina Hulu Indonesia Regional 3 Zona 9 memercayakan program Corporate Social Responsibility (CSR) kepada PPSDM Migas dengan menggelar pelatihan Operator Lantai Perawatan Sumur.

Kegiatan ini ditujukan untuk menjalankan program tanggung jawab sosial dan lingkungan yang mendukung tujuan pengembangan berkelanjutan untuk memberdayakan masyarakat dan menyasar Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah Kutai Kartanegara dan Kota Timur, Kalimantan Timur.

M. Samsul Hadi Alam, pemimpin pelatihan ini menjelaskan mengenai program CSR dari PT Pertamina Hulu Indonesia Regional 3 Zona 9.
Pelatihan Operator Lantai Perawatan Sumur Program CSR Pertamina Hulu Indonesia Regional 3 Zona 9 diadakan di PPSDM Migas mulai dari tanggal 26 Juni sampai dengan 21 Juli 2023.

Baca Juga :   Pertamina Hulu Indonesia Ikuti Sertifikasi Juru Las di LSP PPSDM Migas

Selama lima hari pertama, lanjut Samsul, peserta akan mendapatkan materi teori secara online, karena pelatihan ini diadakan secara hybrid. Untuk 10 hari berikutnya, peserta akan datang ke PPSDM Migas dan melakukan praktik di lapangan dengan menggunakan Rig 99 PPSDM Migas di Laboratorium Produksi Menggung dengan pengajar dari PPSDM Migas dan juga praktisi.

“Kami berharap setelah mendapatkan 15 hari pelatihan, mereka mendapatkan bekal yang cukup untuk nantinya terjun di dunia kerja serta dapat mengikuti uji kompetensi Operator Lantai Perawatan Sumur dengan hasil yang memuaskan,” terang Samsul ketika ditemui seusai melaksanakan praktik di lapangan.

Sebagai tambahan informasi materia yang diberikan pada pelatihan ini meliputi Safety On The Rig, Peralatan Rig dan Fishing, Peralatan Surface dan Subsurface, Well Control, BOP Stack baik itu teori dan praktik di lapangan.(adv/suko)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *