Investasi Hulu Migas Naik 21% di Semester I 2023

Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto, saat menyampaikan keterangan pers tentang kinerja tengah tahun industri hulu migas, Selasa (18/7/2023).

Suarabanyuurip.com – Arifin Jauhari

Jakarta – Industri hulu migas berhasil membukukan investasi sebesar US$5,7 miliar selama semester I tahun 2023. Capaian ini meningkat 21% jika dibandingkan dengan investasi pada semester I tahun 2022 yang berada pada angka US$4,7 miliar.

“Pertumbuhan investasi ini terbilang signifikan jika dibandingkan dengan kenaikan investasi global yang hanya mencapai 5,4 persen. Ini merupakan tren positif untuk iklim investasi hulu migas di Indonesia,” kata Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto, saat menyampaikan keterangan pers tentang kinerja tengah tahun industri hulu migas, Selasa (18/7/2023).

Sampai dengan akhir tahun 2023, investasi diharapkan akan menyentuh angka US$15,5 miliar atau lebih tinggi 28% dibanding realisasi investasi tahun 2022 yang mencapai US$12,1 miliar. Jika berhasil diwujudkan, maka investasi di tahun ini, kata Dwi akan menjadi capaian tertinggi selama lima tahun terakhir.

Dwi menyatakan, peningkatan tren investasi merupakan respons investor terhadap perbaikan sistem fiskal dan enabler investasi yang dilakukan oleh pemerintah. Namun, dari aspek legal dan kontraktual, investor masih mengharapkan perbaikan terutama terkait undang-undang migas yang perlu segera diselesaikan.

Baca Juga :   Masyarakat Sekitar Pemboran Belum Tahu BP. Migas Dibubarkan

Dari sisi teknis operasional, peningkatan investasi hulu migas masih terkendala pengeboran sumur karena safety stand down, ketersediaan rig dan tenaga kerja. Namun, peningkatan tren investasi hulu migas secara global diharapkan akan terus mendorong peningkatan investasi di Indonesia.

“Peningkatan investasi menjadi sangat penting untuk meningkatkan eksplorasi dan memastikan production no decline,” tambah dia.(fin)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *