Elnusa Gulirkan Program Desa Energi Berdikari di Desa Sumengko Bojonegoro

Program Desa Energi Berdikari Sumengko.
Direktur SDM & Umum PT Elnusa Tbk, Hera Handayani di dampaingi Kades Sumengko, Rudy Setyawan menggunting pita saat peluncuran program Desa Energi Berdikari.(dok.Elnusa)

SuaraBanyuurip.com – d suko nugroho

Bojonegoro – PT Elnusa Tbk (ELNUSA, IDX: ELSA), anak usaha PT Pertamina Hulu Energi (PHE), menggulirkan program “Desa Energi Berdikari Elnusa Sumengko” (DEBELKO) di Desa Sumengko, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Program ini sebagai bentuk komitmen pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk mendukung pembangunan masyarakat berkelanjutan.

Kick off Program DEBELKO secara resmi dilaksanakan pada 16 Agustus 2023 di Desa Sumengko, bersamaan rangkaian perayaan HUT ke-54 Elnusa.

Program DEBELKO menargetkan membangun Desa Sumengko menjadi pusat energi berdikari yang mampu memberikan manfaat nyata bagi masyarakat setempat. Dengan berprinsip pembangunan dari Hulu ke Hilir, diawali dari jenis tanaman toga yang akan dituai dari lahan yang diolah secara mandiri kemudian dilakukan proses olah bahan baku menjadi produk yang siap bersaing dipasaran.

Desa Sumengko dipilih sebagai lokasi untuk program ini karena memenuhi kriteria menjadi desa binaan di ring 01 Warehouse Elnusa Kalitidu yang berlokasi di jalan raya nasional Bojonegoro – Padangan.

Peluncururan program DEBELKO melibatkan perwira Elnusa serta warga Desa Sumengko. Program ini adalah salah satu bentuk kegiatan CSR yang difokuskan pada bidang ekonomi, pendidikan, lingkungan, dan kesehatan.

Program DEBELKo didesain untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDG’s), terutama pada nomor 1, 3, 4, 5, 7, 8, 12, dan 17, yang di antaranya mencakup upaya mengurangi kemiskinan, meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan, memberikan pendidikan berkualitas, mendorong kesetaraan gender, menyediakan energi bersih dan terjangkau, menciptakan pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, serta mendorong konsumsi dan produksi yang berkelanjutan.

Baca Juga :   Abdul Wahid Azar Raih Penghargaan Indonesia Executive Professional & Leadership Award 2023

Direktur SDM & Umum PT Elnusa Tbk, Hera Handayani, mengucapkan terima kasih atas dukungan stake holder dalam merealisasikan program CSR Elnusa yaitu Desa Energi Berdikari Elnusa Sumengko. Kegiatan ini juga bagian dari rasa syukur karena Elnusa sudah berusia 54 tahun.

“DEBELKO memberikan bantuan bagi masyarakat Sumengko dalam meningkatkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta mengembangkan keterampilan masyarakat dalam rangka menciptakan dampak positif yang berkelanjutan,” kata Hera.

Program ini tak hanya berfokus pada penyediaan bantuan finansial, namun juga mengutamakan pengembangan skill dan peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di masyarakat Desa Sumengko. Beberapa kegiatan utama yang diinisiasi dalam program ini meliputi penyuluhan pengolahan lahan dan tanaman toga, pembinaan terkait pengembangan produk yang akan dipasarkan, serta pengawasan atau monitoring pemasaran produk.

Hera berharap tujuan membangun dan mengembangkan perekonomian Desa Sumengko akan berjalan lancar.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat memberikan manfaat ekonomi dan mengembangkan masyarakat di Desa Sumengko, termasuk memberikan pendampingan, pelatihan skill yang dibutuhkan dan menciptakan peluang pekerjaan bagi warga sekitar,” ucap Hera dalam keterangannya yang diterima suarabanyuurip.com, Selasa (22/8/2023).

Desa Energi Berdikari Sumengko.
Lokasi lahan penanaman toga yang akan dikelola secara mandiri oleh warga Sumenko, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, Jatim.(dok.Elnusa)

DEBELKO tidak hanya diharapkan memberikan dampak positif kepada masyarakat Desa Sumengko, tetapi juga mampu memberikan nilai tambah pada para kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Sumengko dan menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Baca Juga :   Bachtiar Soeria Atmadja Jabat Dirut Elnusa Gantikan John Hisar Simamora

Melalui kerjasama dan kolaborasi yang baik antara Elnusa dan masyarakat setempat, program ini diharapkan dapat mengubah wajah Desa Sumengko menjadi contoh nyata bagaimana perusahaan dapat berkontribusi dalam mendukung pembangunan berkelanjutan.

Kepala Desa Sumengko, Rudy Setyawan mengapresiasi program DEBELKO yang dilaksanakan Elnusa di wilayahnya. Ia berharap program yang dilakukan perusahaan dapat terus berkelanjutan.

“Sehingga kedepannya dapat mempercepat peningkatan ekonomi masyarakat,” tegas Rudy.

Sebagai informasi, Elnusa merupakan anak perusahaan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina. Sebagai perusahaan solusi total jasa energy, Elnusa memiliki kompetensi inti pada jasa hulu migas, jasa distribusi dan logistik energi dan jasa penunjang.

Lini jasa hulu migas meliputi jasa Geoscience & Reservoir (land, transition zone & marine serta data processing), jasa pengeboran & pemeliharaan lapangan migas (drilling & workover), jasa engineering, procurement, construction & operation maintenance (EPC-OM). Lini jasa distribusi dan logistik energi meliputi jasa transportasi BBM, pengelolaan depot, hingga penjualan chemical.

Lini jasa penunjang meliputi jasa marine support, fabrikasi, hingga manajemen data. Saat ini, Elnusa melayani perusahaan migas nasional maupun internasional, antara lain Pertamina Group, British Petroleum, Conoco Phillips, Soco Exploration (Vietnam) Ltd dan lain-lain. Elnusa terdaftar pada Bursa Efek Indonesia dengan kode emiten ‘ELSA’ serta memiliki lima anak perusahaan yang mendukung kompetensinya.(suko)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *