Pekerja Elnusa Dilatih Operasi Produksi Tingkat OPM di PPSDM Migas

Pekerja saat mengikuti pelatihan operasi produksi di PPSDM Migas.
Pekerja Elnusa saat mengikuti pelatihan operasi produksi di PPSDM Migas.

SuaraBanyuurip.com – d suko nugroho

Blora – Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) memberikan pelatihan Operasi Produksi Tingkat Operator Produksi Muda (OPM) untuk pekerja PT Elnusa Tbk pada 21 – 22 Agustus 2023.

Hadiono, instruktur PPSDM Migas sekaligus course leader pelatihan ini mengharapkan peserta dapat memahami pengetahuan tentang teori dan praktis mengenai operasi produksi.

“Tak hanya memahami tentang teori dan praktik di lapangan, peserta juga diharapkan mampu memperluas wawasan tentang teknik dan peralatan operasi produksi, dasar-dasar teknik produksi dan keselamatan kerja di lapangan,” terangnya.

Hadiono juga memberikan memberikan teori tentang recovery methods yaitu mengenai primary recovery yang termasuk di dalamnya natural flow serta artificial lift. Sedangkan pada enhanced oil recovery (EOR) terdapat secondary recovery dan tertiary recovery. Hal ini dilakukan dengan jalan menginjeksikan materi pendesak ke dalam reservoir minyak melalui sumur injeksi (air, gas, hidrokarbon, zat kimia, uap, dll) sehingga minyak terdesak dan diproduksikan pada sumur produksi.

Baca Juga :   Permohonan Penetapan Nama Muk'awanah dan Anna Mu'awanah Dicabut, Ini Alasannya

Pelatihan ini diperuntukkan bagi pekerja yang akan melakukan perpanjangan masa berlaku atau naik tingkat sertifikat kompetensi Operasi Produksi atau untuk pekerja dengan minimal pendidikan dan pengalaman kerja yang cukup untuk mengikuti sertifikasi kompetensi Operasi Produksi.

Selama dua hari pelatihan, peserta mendapatkan materi tentang Reservoir Migas, Teknik dan Peralatan Produksi, Oil and Gas Separation, Teknik dan Peralatan Produksi, Oil Water Treatment, Gas Dehydration, Gas Measurement, K3 Produksi, Oil Water Treatment, Gas Dehydration, dan Gas Measurement.(adv/suko)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *