PPSDM Migas Adakan Pelatihan Manajemen Gas Bumi untuk ASN KESDM

Ppsdm migas
ASN Kementerian ESDM saat mengikuti pelatihan manajemen gas di PPSDM Migas.

SuaraBanyuurip.com – d suko nugroho

Blora – Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas), menggelar pelatihan dengan topik bahasan “Manajemen Gas Bumi”. Pelatihan diikuti oleh Aparatur Sipil Negara(ASN) di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM). Kegiatan diselenggarakan selama lima hari mulai dari hari Senin (4/9/2023).

Salah satu materi yang disampaikan dalam pelatihan ini adalah proses pemurnian gas bumi. Proses ini dilakukan sebelum proses pencairan (liquefaction) gas bumi untuk menghilangkan kandungan senyawa yang tidak diharapkan salah satunya yaitu, H2O.

“Harapnya peserta dapat memahami isi materi mengenai manajemen gas bumi dan memahami proses-proses pengolahan gas bumi,” ungkap Mohammad Hasan Syukur selaku course leader dan widyaiswara dalam pelatihan tersebut.

Ia juga menambahkan, “Pelatihan manajemen gas bumi ini tidak hanya mempelajari tentang cara pengolahannya saja, akan tetapi dalam pelatihan ini para peserta juga diberikan pemahaman tentang manajemen proyek konstruksi pipa dan operasional pipa gas bumi. Selain itu dalam pelatihan ini juga diberikan pemahaman tentang mitigasi risiko yang harus dilakukan salah satunya membuat Standard Operating Procedure(SOP).”

Baca Juga :   PPSDM Migas Latih Operator OLB dan OMB

Selama pelatihan ini, para peserta mendapatkan materi tentang proses pemurnian gas bumi, pencairan gas bumi, manajemen proyek konstruksi pipa gas bumi, komersialisasi dan alokasi gas alam, manajemen operasional pipa gas bumi, serta metode pengambilan keputusan.(adv/suko)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *