149 Pekerja Kilang Pertamina Internasional Ikuti Pelatihan HSSE di PPSDM Migas

Ppsdm migas.
Pekerja Kilang Pertamina Internasional mengikuti Bimbingan Praktis Ahli (BPA) untuk pelatihan HSSE.

SuaraBanyuurip.com– d suko nugroho

Blora – Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) bekerja sama dengan PT Kilang Pertamina Internasional mengadakan program pelatihan awal Bimbingan Praktis Ahli (BPA) untuk pelatihan Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) di PPSDM Migas.
Program pelatihan ini digelar pada tanggal 28 Agustus – 7 September 2023 dengan peserta berjumlah berjumlah 149 orang.

Course Leader dan sekaligus pemateri dari pelatihan ini adalah R. Suhardi menjelaskan tentang tujuan dari pelatihan.

“Pelatihan HSSE ini merupakan bagian penting dalam menjaga keamanan dan kesehatan di tempat kerja. Selain itu peserta juga perlu meningkatkan kesadaran dan pengetahuan mengenai praktik-praktik keselamatan dan keamanan di lingkungan kerja yang perlu diterapkan dalam pekerjaan sehari-hari,” tuturnya ketika ditemui seusai pemberian materi di kelas.

Ia menambahkan bahwa dalam pelatihan HSSE, peserta akan mempelajari berbagai aspek seperti pemahaman tentang risiko dan bahaya yang mungkin terjadi, langkah-langkah pencegahan yang harus diambil, serta tindakan darurat yang perlu dilakukan dalam situasi yang mengancam keselamatan.

Baca Juga :   PPSDM Migas Asah Pemahaman K3 untuk Mahasiswa STT Migas Cilacap

Selama pelatihan berlangsung, peserta diberikan materi yang holistic mengenai HSSE yaitu berupa Dasar Kebakaran & Eksplosi Demo, Passive & Active Fire Protection System, Fire Risk Analysis, Policy, Procedures, Standards and Practices, Legislation and Regulation, Pengelolaan Occupational Health, PPE, Sistem Manajemen Lingkungan & PROPER, Pengelolaan Limbah, Performance HSSE, Sistem Management Pengamanan, Hygiene Industry, Hazardous Classification Zone, dan Emergency Response Preparedness.

Juga Lesson Learned, Praktik APAR & Fire Extinguisher, HSSE Monitoring, Inspection, Audit, Incident Reporting & Investigation, HAZOPS, Process Safety & Asset Integrity Management System, Management of Change, Gas Testing, HSSE Documentation & Record, Construction HSSE, Surveillance Medic & Health Promotion, Human Factors Engineering, Peralatan Penyalur Air Pemadam Kebakaran, Kedisiplinan, HSSE Culture & Leadership, dan Proses Bisnis dan Organisasi HSSE Pertamina. HSSE Management System Pertamina (SUPREME) Overview, HSSE Risk Management, Praktik Pemadam Kebakaran, serta Sustainability & ESG, CLSR dan CSMS.

Semua teori tersebut disempurnakan dengan pemberian praktik di Workshop Pemadam Kebakaran PPSDM Migas untuk lebih memahami dan mampu melakukan kegiatan HSSE di tempat kerja.(adv/suko)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *