Indonesia-Finlandia Dorong Inovasi Energi Bersih Menuju Net Zero Emission

Menteri ESDM, Arifin Tasrif.(foto KESDM/Ist)
Menteri ESDM, Arifin Tasrif.(foto KESDM/Ist)

SuaraBanyuurip.com — Arifin Jauhari

Bojonegoro — Indonesia dan Finlandia sepakat mendorong inovasi energi bersih menuju Net Zero Emission. Hal ini tercetus dalam penyelenggaran Indonesia-Finland Smart Energy Working Group Day pada hari Selasa, (30/1/2024) di Ruang Sarulla, Kementerian ESDM.

Hadir dalam kegiatan tersebut Menteri Kerjasama Ekonomi Finlandia, Mr. Wille-Werner Rydman, Duta Besar Finlandia untuk Indonesia Mr. Pekka Kaihilahti, CEO Bisnis Finlandia, Mrs. Nina Kopola, dan juga beberapa delegasi Finlandia lainnya.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif menyatakan, apresiasinya kepada Finlandia sebagai salah satu negara yang terus konsisten dalam membangun hubungan bilateralnya dengan Indonesia.

“Saya harap kita dapat memperluas hubungan ini menjadi kolaborasi yang lebih luas, terutama pada sektor energi,” katanya sebagaimana tertuang dalam siaran pers yang dirilis Rabu (31/01/2024).

Arifin menyampaikan pula bahwa keahlian dan teknologi canggih Finlandia di sektor energi bersih serta efisiensi energi dapat memberikan kontribusi yang signifikan pada jalur Net Zero Emission (NZE) Indonesia dan mewujudkan tujuan bersama untuk memajukan mitigasi iklim global.

Baca Juga :   19.500 Warga di Jawa Timur dapat Bantuan Pasang Baru Listrik

“Kami menyadari bahwa Finlandia sebagai negara yang kaya, sumber pengetahuan dan teknologi, sementara Indonesia kaya akan populasi dan sumber daya alam, kombinasi semacam ini dapat memperkuat hubungan antara Indonesia dan Finlandia,” imbuhnya.

Kegiatan Working Group itu dibagi kedalam dua sesi diskusi panel, dimana sesi panel pertama mengusung tema terkait Energy Transition and Carbon Neutral dan menghadirkan perwakilan beberapa perusahaan energi asal Finlandia seperti Wartsilla, Virta Global, dan Kempower sebagai panelis.

Sementara untuk sesi panel kedua mengusung tema terkait Green Building dan menghadirkan perwakilan perusahaan Finland seperti Peikko, Molok, Helvar dan Nokia yang membahas berkenaan bangunan, sarana dan prasarana, serta terkait waste managements.(fin)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *