PPDB SMKN Bojonegoro, Persiangan Ketat di Jalur Prestasi Nilai Akademik

Ppdb smkn bojonegoro.
Peserta sedang mendaftar PPDB jalur prestasi nilai akademik di SMKN 1 Bojonegoro.

SuaraBanyuurip.com – Joko Kuncoro

Bojonegoro – Penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMK Negeri untuk jalur prestasi nilai akademik sudah dimulai Rabu (3/7/2024). Namun, meski baru hari pertama pendaftaran, persaingan siswa cukup ketat untuk berebut pagu di SMK tujuan.

“Pada hari pertama pendaftaran jumlah diterima sudah sebanyak 269 siswa, dari total 382 pagu tersedia untuk jalur prestasi nilai akademik. Jumlah itu dari sembilan jurusan yang dimiliki SMKN 1 Bojonegoro,” kata Kepala Sekolah SMKN 1 Bojonegoro, Roedie Agus Setiyono.

SMKN 1 Bojonegoro memiliki total 612 pagu dari sembilan jurusan. Roedi mengatakan, jalur afirmasi dan zonasi pagunya sudah terpenuhi, kini tinggal menunggu jalur prestasi nilai akademik.

“Karena jalur ini baru dimulai hari ini sampai besok tanggal 4 Juli,” katanya, Rabu (3/7/2024) kemarin.

Roedi menjelaskan, persaingan siswa pada PPDB jalur prestasi nilai akademik ini cukup ketat, karena para siswa harus bersaing dengan nilai rapor. Pada hari pertama pendaftaran hari ini, nilai terendah siswa yang mendaftar sebesar 75,26 atau kategori tinggi sebesar 88,14.

Baca Juga :   PPDB 2024 Segera Dibuka, Batas Usia Calon Peserta Didik Berubah

“Data nilai siswa dan jumlah pendaftar selalu update setiap jam, jadi bisa berubah-ubah,” katanya kepada suarabanyuurip.com.

Dia menambahkan, untuk saat ini jurusan yang paling diminati para pendaftar adalah manajemen perkantoran dan akuntansi. Sehingga dari dua jurusan tersebut pagunya juga lebih banyak dibandingkan dengan jurusan yang lain.

“Menajemen perkantoran dan akuntansi pagunya sama yakni 108,” katanya.

Kepala Seksi (Kasi) SMK Cabang Dinas Pendidikan (Cabdisdik) Jawa Timur Wilayah Bojonegoro-Tuban Agung Prijono mengatakan, jalur prestasi nilai akademik pagunya mencapai 65 persen. Lebih besar dibandingkan dengan jalur lain.

“Jalur prestasi nilai akademik juga menjadi kesempatan bagi siswa yang tidak lolos dari jalur zonasi baik SMK mampu SMA,” katanya.(jk)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *