LSM PK-PAN Bersama Perhutani Tanam 1.700 Bibit Pohon Kopi Robusta

Waka Adm Perhutani KPH Bojonegoro, Wawan Gunawan dan terkait saat menanam bibit pohon kopi robusta.

Suarabanyuurip.com – Arifin Jauhari

Bojonegoro – Lembaga Swadaya Masyarakat Pemberdayaan Kinerja Peduli Aset Negara (LSM PK-PAN) bersama Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bojonegoro, menaman sebanyak 1.700 batang bibit pohon kopi jenis robusta.

Ribuan bibit pohon kopi hasil pengadaan murni swadaya para petani hutan itu ditanam di lahan kawasan perlindungan setempat (KPS), masuk petak 169-b, BKPH Clebung, KPH Bojonegoro, turut Kecamatan Bubulan, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Rabu (12/10/2022).

Wakil Ketua Umum LSM PK PAN Bojonegoro, Lulus Setiawan, S.H., M.H., mengatakan, bahwa bibit kopi sebanyak itu merupakan awal dari rencana besar lembaganya bersama Perhutani dan kelompok tani hutan, untuk menghijaukan kembali kawasan hutan yang sudah 20 tahun lebih kondisinya dalam keadaan gundul.

“Kami sudah siapkan sepuluh ribu bibit kopi yang siap ditanam di sepanjang kawasan, bersama kelompok tani dan Perhutani,” katanya kepada SuaraBanyuurip.com.

Dikatakan, penanaman pohon jenis kopi ini dimaksudkan agar terjadi cluster baru kebun kopi di Bojonegoro. Dengan begitu, diharapkan Bojonegoro akan menjadi salah satu penghasil kopi.

Baca Juga :   Kedatangan Jamaah Haji Tuban Dijadwalkan Besok

“Selain sebagai penghasil jagung dan padi,” ujarnya.

Wakil Ketua LSM PK-PAN, Lulus bersama pihak terkait tanam bibit pohon kopi robusta.
© 2022 suarabanyuurip.com/Arifin Jauhari

Sementara itu, Sekretaris Umum LSM PK-PAN, Alham M. Ubey menambahkan, kelompok-kelompok tani yang menjadi binaan LSM-PK PAN akan membentuk Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) berupa kebun kopi ini.

Menurut mantan jurnalis kawakan ini, kopi jenis robusta sangat cocok ditanam di Bojonegoto. Karena itulah pihaknya berencana, salah satu KUPS yang akan dibentuk nantinya adalah kelompok usaha kebun kopi.

“Tentu tidak hanya tanaman kopi yang bakal dikembangkan oleh kelompok tani, usaha-usaha lain yang mengarah kepada pelestarian hutan juga akan ditanam, seperti pohon pete dan alpokat, misalnya,” tambah mantan reporter RCTI ini.

Kegiatan penamanan bibit pohon kopi robusta ini mendapat apresiasi dari Wakil Kepala Admistratur KPH Bojonegoro, Wawan Gunawan. Menurutnya, Perhutani sangat mendukung upaya LSM PK-PAN dan KTH yang mempelopori menanam kopi di lahan KPS.

“Untuk selanjutnya nanti kita bisa rencanakan gerakan penanaman pohon petik non tebang ini yang lebih luas, demi melestarikan hutan,” paparnya usai turut kegiatan tanam bibit pohon kopi.

Baca Juga :   Pemuda Desa Asal Bojonegoro ini Sukses Budidaya Kopi di Pekarangan Rumah

Pria yang karib disapa Wawan ini berharap, gerakan tanam kopi ini tidak berhenti pada giat tanam saja, melainkan harus disertai dengan gerakan perawatannya. Karena tujuannya adalah menghijaukan kembali hutan lestari dan menyejahterakan para petani.

“Maka perawatan tanaman kopi harus dilakukan serius, sehingga kopi bisa hidup dan berbuah, sehingga bisa dipetik hasilnya,” tandasnya.(fin)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *