PPSDM Migas Bekali Pekerja Migas tentang Materi Teknisi Instrumentasi Tingkat 1

PPSDM Migas bekerja sama dengan PT Transportasi Gas Indonesia mengadakan pelatihan dan sertifikasi kompetensi Teknisi Instrumentasi tingkat 1.

Suarabanyuurip.com – PPSDM Migas Bekali Pekerja Migas tentang Materi Teknisi Instrumentasi Tingkat 1

Blora – Skema Sertifikasi Kompetensi Teknisi Instrumentasi 1 merupakan skema sertifikasi Okupasi Nasional yang dikembangkan oleh komite skema sertifikasi LSP PPSDM Migas. Kemasan kompetensi yang digunakan mengacu pada SKKNI yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja nomor 195 tahun 2017 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja nasional indonesia kategori Aktivitas profesional, ilmiah dan teknis Golongan pokok aktivitas Arsitektur dan keinsiyuran, analisis dan uji teknis bidang instrumentasi.

Oleh sebab itu, PPSDM Migas (Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi) bekerja sama dengan PT Transportasi Gas Indonesia mengadakan pelatihan yang dilanjutkan sertifikasi kompetensi Teknisi Instrumentasi Tingkat 1 dimulai pada Senin (31/10/2022) lalu.

Wardojo pengajar dalam pelatihan tersebut menegaskan bahwa pelatihan ini untuk membekali peserta tentang berbagai materi untuk menunjang pemahaman mereka.

“Iya tujuannya adalah untuk Membekali peserta diklat tentang teori praktis tentang Komunikasi di Tempat kerja, K3LL di Industri Migas, Instrument Drawing, Komputer, Penggunaan Tools dan Alat Ukur, Measurement and Calibration, Control Valve, Membuat Laporan dan Evaluasi, Trouble Shoot Field Devices serta peralatan instrumentasi lainnya dalam rangka mempersiapkan pengetahuan peserta untuk mengikuti sertifikasi kompetensi,” ungkapnya.

Baca Juga :   Program PPSDM Migas Peduli, Salurkan Bantuan Air Bersih untuk Warga Terdampak Kekeringan

Wardojo menambahkan bahwa pelatihan serta sertifikasi yang diadakan selama tiga hari ini dilaksanakan guna memenuhi peraturan perundangan.

“Dalam aturan perundangan itu dijelaskan bahwa setiap tenaga kerja berhak mendapatkan pengakuan kompetensi yang dimilikinya yang diperoleh melalui pendidikan, pelatihan dan pengalaman kerja serta pemenuhan peraturan tentang sertifikasi kompetensi SDM sektor industri minyak dan gas bumi serta serta panas bumi,” pungkasnya.(adv/suko)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *