PPSDM Migas dan PJB Gresik Optimalkan Kompetensi Operator Distribusi Gas Alam

Pekerja PT Pembangkitan Jawa Bali Unit Pembangkitan Gresik dapat pelatihan dan sertifikasi Distribusi Gas Alam dan Buatan Non-Pipa di PPSDM Migas.

Suarabanyuurip.com – d suko nugroho

Blora – Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) bekerja sama dengan PT Pembangkitan Jawa Bali Unit Pembangkitan Gresik menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi Distribusi Gas Alam dan Buatan Non-Pipa selama tiga gelombang yang dimulai dari Senin (14/11/22).

Risdiyanta, pemimpin pelatihan ini menegaskan, pelatihan dan sertifikasi ini penting untuk dilaksanakan karena Distribusi gas alam dan buatan non pipa ini dikhususkan kepada bisnis pengelolaan Compressed Natural Gas (CNG) baik yang ada di mother station dan daughter station.

“Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari dan 2 hari sertifikasi kompetensi,” ujarnya.

Risdiyanta menjelaskan tujuan pelatihan adalah membekali peserta pelatihan dalam hal pengelolaan distribusi gas alam dan buatan non pipa pada khususnya sesuai dengan SKKNI Bidang Distribusi Gas Alam dan Buatan Non-Pipa pada jabatan operator dengan materi. Selain itu agar mereka dapat melakukan komunikasi di lingkup pekerjaan, mampu menerapkan Keselamatan Kesehatan Kerja Lindungan Lingkungan (K3LL), mengoperasikan komputer program aplikasi kegiatan penerimaan, kompresi, penyimpanan penyaluran gas alam, mengoperasikan penerimaan, penyimpanan dan penyaluran gas alam, menjaga keakuratan penyediaan (stock) dan susut (losses) gas alam.

Baca Juga :   PPSDM Migas Terima Penghargaan dari PASI Jawa Tengah

“Juga merawat sarana dan fasilitas kegiatan penerimaan, kompresi, penyimpanan penyaluran gas alam PT Pembangkitan Jawa Bali Unit Pembangkitan Gresik,” ungkapnya.

Secara detail materi pelatihan adalah sebagai berikut yaitu K3LL, Komunikasi di Tempat Kerja, Operasi Penerimaan, Kompresi, Penyimpanan dan Penyaluran Distribusi Gas Alam Non-Pipa, Perhitungan Penyediaan (Stock) Dan Susut (Losses) Distribusi Gas Alam Non-Pipa, Perawatan Peralatan Sarana dan Fasilitas Distribusi Gas Alam Non-Pipa. Pelatihan yang diadakan selama 3 batch tersebut yaitu diadakan pada tanggal 14 – 16, 21 -23, dan 28 – 30 November 2022 di PPSDM Migas.(adv/suko)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA BANYUURIP

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *