Inspirasi Kemah Literasi 1 di Gondang, Jadi Ruang Edukasi Berbagai Komunitas

Kegiatan kesenian yang disuguhkan dalam Kemah Literasi 1 di Desa Pajeng, Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro.

Suarabanyuurip.com – Joko Kuncoro

Bojonegoro – Kemah Literasi yang digelar di MI Islamiyah Desa Pajeng, Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur berlangsung meriah. Kegiatan edukasi itu, bekolaborasi dengan berbagai komunitas dari luar dan dalam Bojonegoro mengambil jargon “Bersatu, Berbagi dan Menginspirasi”.

Ketua Pelaksana dan Inisiator Kemah Literasi Achmad Agung Ferrianto mengatakan, inspirasi kemah literasi merupakan kolaborasi berbagai komunitas. Di dalam kegiatan ini, ada berbagi ilmu dan pengalaman yang diberikan kepada peserta sesuai bidang di komunitas tersebut.

“Terutama dalam menginspirasi anak-anak dengan beragam edukasi,” katanya, Minggu (25/12/2022).

Anak-anak antusias mengikuti acara dongeng yang diadakan dalam rangkaian kemah literasi.
© 2022 suarabanyuurip.com/Joko Kuncoro

Dia mengatakan, Inspirasi Kemah Literasi 1 digelar semenjak Sabtu (24/12/2022) dan berakhir Minggu (25/12/2022) hari ini. Ada banyak ilmu yang diberikan kepada peserta atau siswa yang masih duduk di bangku sekolah dasar.

Misalnya, di hari pertama ada edukasi profesi, edukasi lingkungan, outbound, panggung literasi penampilan anak-anak, menerbangkan lampion, dan api unggun. Kemudian pagi tadi ada jelajah alam, pemeriksaan kesehatan serta donor darah, lomba mewarnai tingkat TK juga ada edukasi penulisan.

Baca Juga :   Dorong Netizen Cerdas, SJS dan GangKecil Gelar Workshop Jurtizen

“Kemah literasi ini memang untuk memberikan inspirasi dan edukasi kepada anak-anak dengan nuansa kemah,” katanya.

Dia mengatakan, ada 37 komunitas dari luar kota dan dalam Bojonegoro yang mengikuti inspirasi kemah literasi 1 ini. Juga ada sekitar 100 relawan yang datang dari Bojonegoro dan luar kota.

“Yang luar kota yang datang dari Banyuwangi, Malang, Mojokerto, Kertosono, Nganjuk, Tuban dari bermacam komunitas. Harapannya kedepan semoga bisa terus berlanjut setahun sekali, dan tetap berkolaborasi untuk mengedukasi adik-adik,” katanya.(jk)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *