PPSDM Migas Adakan Pelatihan Pemboran untuk Pekerja Migas

Pekerja migas mengikuti pelatihan pemboran di PPSDM Migas.

Suarabanyuurip.com – d suko nugroho

Blora – Perusahaan di sektor migas harus didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas. Sektor ini mempunyai resiko tinggi sehingga diperlukan SDM kompeten di bidangnya.

Untuk itu, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) mengadakan Pelatihan Pemboran Tingkat Juru Bor dan Ahli Pengendalian Bor untuk pekerja di industri minyak dan gas bumi yang dilaksanakan pada, Selasa (17/1/2023).

Asep Mohamad Ishaq, selaku pemateri pada pelatihan tersebut menjelaskan mengenai Well Control Technique.

“Dalam well control terdapat 2 indikator yang berbeda pada saat Bor Senar, yang pertama indicator tendangan saat Bor Senar POH yang memiliki volume lumpur pemboran yang diisikan ke dalam lubang lebih kecil dari volume perpindahan rangkaian bor atau perhitungan volume trip. Kemudian yang kedua indicator tendangan Bor Senar RIH yang memiliki volume lumpur bor yang mengalir dari lubang lebih besar dari volume perpindahan rangkaian bor atau perhitungan volume trip,” jelasnnya.

Beberapa penambahan materi lainnya dari Pelatihan Pemboran Tingkat Juru Bor dan Ahli Pengendalian Bor diantaranya Well Control Equipment, Drilling Operation dan Well Control Simulation.

Baca Juga :   PPSDM Migas Adakan Pelatihan Authorized Gas Tester untuk Pertamina EP Cepu

“Diharapkan dengan pelatihan atau refreshing ini dapat memberi bekal yang baik sebelum peserta mengikuti sertifikasi kompetensi untuk menunjang kinerjanya,” pungkas Asep.(adv/suko)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *