Beri Pemahaman Migas, PPSDM Migas Genjot Peningkatan IP ASN di KESDM

PPSDM Migas beri peningkatan IP ASN di KESDM.

Suarabanyuurip.com – Sami’an Sasongko

Blora – Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) mengadakan berbagai jenis pelatihan untuk meningkatkan Indeks Profesionalitas Aparatur Sipil Negara (IP ASN) di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM).

Salah satunya adalah Pelatihan Introduksi Migas yang dimulai pada Senin (17/01/23). Pelatihan ini memberikan gambaran kepada peserta dalam industri migas secara umum meliputi hulu, hilir, dan penunjang.

Novi Hery Yono, salah satu Widyasiwara Muda PPSDM Migas dan juga pengampu materi pelatihan Produksi Migas menjelaskan tentang rangkaian kegiatan yang dilakukan pada tahapan ini.

“Sebagai Langkah awal memahami apa itu proses ekplorasi dan ekploitasi atau produksi migas maka kita harus mengetahui bahwasanya kegiatan ini diawali dengan tahap ekplorasi. Bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai kondisi geologi untuk menemukan dan memperoleh perkiraan cadangan migas di suatu wilayah kerja yang telah ditentukan,” jelasnya mengawali pertemuan secara zoom meeting.

Setelah proses ini, lanjut Novi Hery Yono, masih ada proses selanjutnya untuk mengeluarkan minyak dan gas bumi dari dalam tanah, yaitu disebut eksploitasi.

Baca Juga :   PPSDM Migas Go Internasional, Latih SDM Tanzania untuk Pengawasan Transmisi dan Distribusi Gas Bumi

“Rangkaian kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan Migas yang terdiri dari pengeboran, penyimpanan, pengolahan dan pemisahan produk Migas serta berbagai macam kegiatan pendukung lainnya,” ungkapnya.

Ditambahkan, untuk semakin memahami pelatihan ini maka PPSMD Migas memberikan berbagai materi lainnya yaitu Produksi Migas, Pengolahan Minyak Bumi, Pemrosesan Gas Bumi, Pengetahuan Produk Migas, Pemboran Migas.

“Serta niaga, suplai dan distribusi,” imbuhnya.(Adv/sam)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *