PPK Purwosari Gelar Bimtek Bagi PPS Pemilu 2024

PPK Purwosari, Kabupaten Bojonegoro, menggelar Bimtek penyusunan dan pemutakhiran data pemilih bagi Panitia Pemungutan Suara.

Suarabanyuurip.com – Joko Kuncoro

Bojonegoro – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Purwosari, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menggelar bimbingan teknis (Bimtek) penyusunan dan pemutakhiran data pemilih bagi Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kecamatan Purwosari pada Pemilu 2024, Senin (6/2/2023).

Bimtek dilaksanakan di pendapa Kecamatan Purwosari dan diikuti oleh Ketua, dan Anggota PPS, dan dihadiri Muspika serta Panwascam Purwosari.

Camat Purwosari, Dian Rohmawati, dalam sambutannya menekankan pentingnya saling koordinasi dan komunikasi agar tahapan Pemilu 2024 berjalan sesuai tahapan.

“Apalagi kebanyakan anggota PPS di wilayah Kecamatan Purwosari banyak yang baru pertama kali sebagai penyelenggara pemilu,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua PPK Purwosari, Heli Supangat menyampaikan, bahwa pertemuan ini untuk koordinasi restrukturisasi TPS dan jumlah pantarlih yang akan bertugas di Pemilu 2024, serta penyampaian teknis penyusunan data pemilih.

“Jumlah TPS dan Pantarlih yang sudah disepakati sesuai jumlah TPS Pemilu tahun 2019, yakni berjumlah 101 orang,” ujar Heli.

Karena Pantarlih pada Pemilu 2024 memiliki sistem kerja yang berbeda, Heli menyampaikan, PPS perlu menjelaskan kepada Pantarlih untuk memedomani regulasi dan arahan yang ditentukan oleh KPU RI.

Baca Juga :   Capres Anis dan Ganjar Hanya dapat Satu Suara di TPS 16 Desa Siwalan Bojonegoro

“Sistem kerja Pantarlih untuk Pemilu 2024 ini berbeda dengan sistem sebelumnya, maka dari itu diharapkan Pantarlih menjalankan tugas sesuai dengan arahan KPU RI, dan jangan berpedoman pada sistem kerja yang lama,” tegas Heli.

Sementara itu, anggota PPK Divisi Perencanaan, data dan Informasi, Moh. Faisal berharap kepada PPS yang hadir untuk menyalurkan informasi kepada seluruh petugas di wilayah desa masing-masing. Pantarlih Pemilu 2024 akan menggunakan aplikasi saat melaksanakan tugas pencocokan dan penelitian (coklit) kepada warga Desa.

“Karena proses ini krusial maka PPS nanti perlu menyampaikan hasil bimtek ini kepada jajarannya di desa. Mohon untuk menyampaikan dengan detail karena nanti PPS juga akan melakukan bimtek kepada Pantarlih,” pesan Faisal.(jk)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA BANYUURIP

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *