Delapan Wisata Jawa Timur Raih Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023

Desa Wisata Sendang, Kabupaten Pacitan, menjadi salah satu wisata di Jawa Timur yang berhasil meraih penghargaan ADWI 2023.

Suarabanyuurip.com – d suko nugroho

Surabaya – Sebanyak delapan wisata di Jawa Timur berhasil meraih Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. Jumlah desa wisata terbaik ini menempatkan Jawa Timur berada di urutan tertinggi nasional dibanding provinsi lain.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengumumkan ADWI 2023 secara online melalui Instagram @kemenparekraf.ri pada hari Selasa (21/3/2023) malam. Ada 75 Desa Wisata Terbaik.

Dari pengumuman tersebut diketahui bahwa Provinsi Jawa Timur berada di urutan pertama menyumbangkan delapan Desa Wisata Terbaik. Jumlah itu menjadi yang tertinggi nasional dibandingkan provinsi lain, yakni Sulawesi Selatan dan Jawa Barat masing-masing ada tujuh Desa Wisata Terbaik, serta Jawa Tengah dan Sumatera Barat dengan masing-masing lima Desa Wisata Terbaik.

Usai pengumuman final peraih ADWI 2023, selanjutnya Menparekraf RI bersama para dewan juri akan melakukan peninjauan dan penilaian secara langsung ke 75 Desa Wisata Terbaik.

“Jadikan capaian ini sebagai motivasi untuk terus mengembangkan Desa Wisata yang berkualitas dan berkelas dunia,” pesan Sandiaga Uno.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi hasil pengumuman ADWI 2023.

“Alhamdulillah, delapan Desa Wisata di Jawa Timur telah terpilih sebagai Desa Wisata Terbaik. Dari total 75 Desa Wisata Terbaik di Indonesia, Jawa Timur berhasil menyumbangkan jumlah tertinggi, delapan Desa Wisata. Semoga bisa membantu percepatan pemulihan ekonomi dari sektor pariwisata dan mendukung tercapainya target kunjungan wisata ke Jawa Timur mencapai 238 juta wisatawan di 2023,” kata Khofifah dalam pernyataan resminya, Rabu (22/3/2023).

Baca Juga :   Warga Blok Cepu Gelar Sedekah Bumi

Adapun delapan Desa Wisata Terbaik di Jawa Timur Peraih ADWI 2023 adalah Desa Wisata Kampung Heritage Kajoetangan, Kota Malang; Desa Wisata Edelweiss Wonokitri, Kabupaten Pasuruan; Desa Wisata Kebangsaan Wonorejo, Kabupaten Situbondo; dan Desa Wisata Duren Sari Sawahan, Kabupaten Trenggalek.

Selain itu ada pula Desa Wisata Ketapanrame, Kabupaten Mojokerto; Desa Wisata Bira Tengah, Kabupaten Sampang; Desa Wisata Sendang, Kabupaten Pacitan; dan Desa Wisata Bowele, Kabupaten Malang.

Desa Wisata Edelweiss Wonokitri, Kabupaten Pasuruan.
© 2023 suarabanyuurip.com/Ist/sbu

Kadisbudpar Jawa Timur, Hudiyono menjelaskan, proses kurasi telah dilakukan secara cermat oleh dewan juri dari Kemenparekraf RI. Setelah diumumkan hari Sabtu 18 Maret 2023 total ada 49 Desa Wisata di Jawa Timur yang lolos masuk 500 besar nasional.

Selanjutnya pada hari Minggu 19 Maret 2023 proses seleksi berlanjut ke tahap 300 besar. Tercatat ada 29 Desa Wisata di Jawa Timur yang lolos pada tahap tersebut. Hingga akhirnya terpilih delapan Desa Wisata Terbaik dari Jawa Timur yang meraih ADWI 2023.

Baca Juga :   Pemdes Mojodelik Bentangkan Bendera Merah Putih Raksasa di Puthuk Kreweng

Ia menjelaskan, capaian ADWI 2023 ini menjadi yang tertinggi dibanding tahun sebelumnya. Pada tahun 2022 total hanya empat Desa Wisata Terbaik meraih ADWI, yakni Desa Wisata Pandean di Kabupaten Trenggalek, Desa Wisata Semen di Kabupaten Blitar, Desa Wisata Keris di Kabupaten Sumenep, dan terakhir di Desa Wisata Tirta Agung di Kabupaten Bondowoso.

Sebelumnya di tahun 2021 Jawa Timur menyumbang enam Desa Wisata Terbaik, yakni Desa Wisata Tamansari di Banyuwangi, Desa Wisata Ranupani di Lumajang, Desa Wisata Serang di Kab Blitar, Desa Wisata Kampung Majapahit Bejijong di Kab Mojokerto, Desa Wisata Sanankerto di Kab Malang dan Desa Wisata Kampung Blekok di Situbondo. Satu Desa Wisata yakni Pujon Kidul di Kab Malang mendapatkan penghargaan khusus Mandiri Inspiratif.(suko)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *