Kades Sudawam Jadikan Bulan Ramadhan Bersedekah

BERSEDEKAH : Kades Pelem, Sudawam dan keluarga saat berbagi dengan ribuan rakyatnya.

Bulan ramadhan merupakan bulan yang mulia diantara bulan lainnya. Berbagi dan bersedekah kepada sesama yang membutuhkan merupakan ibadah utama ramadhan yang harus dilakukan oleh setiap muslim yang mampu untuk mengerjakannya. Seperti dilakukan Kades Pelem Sudawam dan Mafthukan.

SORE itu di sekitar proyek Lapangan Unitisasi Gas Jambaran-Tiung Biru (JTB) cukup cerah. Guratan sinar sang surya mulai kemerahan di ufuk barat. Segumpal awan tipis berarak perlahan digendong angin, seakan mengiringi Sang Bagaskara pejamkan mata ke peraduhan.

Lalu-lalang mobil melintas jalan masuk lokasi proyek gas JTB silih berganti. Tampak ribuan warga masyarakat berjalan beriringan mengular menyusuri jalan menuju kediaman Sudawam, Kepala Desa (Kades) Pelem, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Mafthukan saat menyerahkan sembako kepada warga lansia.
© 2023 suarabanyuurip.com/Sami’an Sasongko

Tak begitu lama halaman rumah di pinggir jalan poros Purwosari -Ngambon tersebut penuh sesak bak lautan manusia. Sambil menunggu menerima sedekah, mereka berbincang ramah menunjukkan bahwa kehidupannya selama ini adalah guyub rukun satu dengan lainnya.

Baca Juga :   Terentas Dari Belenggu Kekeringan

Sontak suasana menjadi riuh tatkala Kades Sudawam dan adiknya Mafthukan serta keluarga keluar dari rumah yang cukup megah itu menuju halaman. Baik pemuda, anak-anak, dewasa dan lansia berdiri berjajar dengan rapi. Sejumlah aparat keamanan cekatan dan dibantu Linmas mengatur arus lalu lintas agar berjalan lancar.

Suasana yang semula ramai menjadi hening sejenak saat Kades Sudawam memberikan sambutan. Setelah memberikan pencerahan, Sudawam beserta keluarga membagikan sedekah berupa sembako dan uang sesuai urutannya, Rabu (19/04/2023). Dimana kegiatan sosial Kades ring 1 ladang Gas JTB ini dilakukan setiap tahun menjelang hari raya idul fitri.

Kades Sudawam mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1444 H mohon maaf lahir dan batin..
© 2023 suarabanyuurip.com/Sami’an Sasongko

“Semoga Allah SWT selalu memberikan kesehatan, dan panjang umur terhadap kita semua. Mudah-mudahan apa yang kami lakukan ini, barokah bagi keluarga kami, dan juga barokah untuk seluruh masyarakat Desa Pelem,” kata Kades Pelem, Sudawam, disela-sela kegiatan berbagi.

Pria yang juga Ketua Asosiasi Kepala Desa Kabupaten Bojonegoro ini juga mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1444 H / 2023 M.

Baca Juga :   Kementerian PAN-RB Terbitkan Aturan Jam Kerja ASN Selama Ramadan

“Selamat hari raya idul fitri, mohon maaf lahir dan batin,” imbuhnya.

Warga masyarakat Desa Pelem, saat berkumpul menunggu pembagian sedekah Kades Pelem dan keluarga.
© 2023 suarabanyuurip.com/Arifin Jauhari

Sementara adik kandung Kades Pelem, Maftukhan menambahkan, bahwa melalui kegiatan sosial berbagi di bulan suci ramadhan menjelang hari raya idul fitri ini dapat bersilaturahmi dan bertemu langsung dengan masyarakat Desa Pelem.

Selain berbagi dengan warga, PT Tunggang Jagad juga memberikan bantuan untuk pondok pesantren, mushola, dan masjid setempat.

“Mudah-mudahan dapat bermanfaat, dan barokah bagi kita semua,” ujar pria yang juga anggota DPRD Bojonegoro ini.(Sami’an Sasongko)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *