5 Daerah Terkaya di Jatim, Kabupaten Bojonegoro Urutan Kedua

MEGAH : Gedung Pemerintah Kabupaten Bojonegoro berlantai tujuh di Jalan Mas Tumapel.

Suarabanyuurip.com – Joko Kuncoro

Bojonegoro – Provinsi Jawa Timur (Jatim) terdiri dari 38 kabupaten dan kota yang jika ditotal jumlah APBD mencapai Rp 139,877 triliun pada tahun 2023 ini. Dari total anggaran tersebut, ada lima daerah yang memiliki APBD tertinggi, salah satunya Kabupaten Bojonegoro yang terkenal dengan daerah penghasil migas.

APBD yang tinggi tentu menunjukkan daerah tersebut memiliki potensi ekonomi yang cukup besar. Terutama dari sisi industrinya.

Nah berikut Top Five daerah dengan APBD terbesar di Jatim tahun 2023 :

1. Kota Surabaya

Surabaya yang dikenal sebagai Kota Pahlawan menempati posisi teratas sebagai daerah yang memiliki APBD terbesar di Jatim. Kota berlambang Ikan Sura dan Buaya ini memiliki APBD sebesar Rp 11,305 triliun.

2. Kabupaten Bojonegoro

Di urutan kedua ditempati Kabupaten Bojonegoro yang memiliki APBD besar yang mencapai Rp 7,4 triliun.

Meski APBD Kota Minyak sebutan lain dari Kabupaten Bojonegoro ini belum sebanding dengan Surabaya. Namun, kabupaten ini termasuk terkaya dari kabupaten tetangga seperti Tuban, Lamongan, dan Ngawi.

Baca Juga :   10 Kebijakan Kontroversi Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah

Bahkan Pemkab Blora, Jawa Tengah pernah diberikan hibah dari Kabupaten Bojonegoro senilai Rp 34,3 miliar. Bantuan keuangan (bankeu) yang diberikan ke Blora itu untuk pembangunan jalan menuju Bandara Ngloram.

Jadi tak heran jika Kabupaten Bojonegoro disebut sebagai kabupaten terkaya diurutan kedua se Jatim yang memiliki besaran APBD fantastis.

3. Kabupaten Sidoarjo

Di posisi ketiga adalah Kabupaten Sidoarjo yang memiliki APBD sebesar Rp 5,211 triliun. Angka tersebut menjadikan Kota Delta sebagai daerah dengan APBD terbesar di Jatim.

4. Kabupaten Malang

Kemudian Kabupaten Malang menempati urutan keempat dengan besaran APBD senilai Rp 4,740 triliun.

5. Kabupaten Jember

Terakhir daerah yang memiliki APBD besar se Jatim adalah Kabupaten Jember.

Kabupaten yang berada di daerah Tapal Kuda ini berada diurutan kelima, yakni memiliki APBD sebesar Rp 4,223 triliun.(jk)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *