Tahun 2023, Bojonegoro Bangun 5 Embung Baru

Salah satu embung yang sudah dibangun Pemkab Bojonegoro untuk kebutuhan pengairan.

Suarabanyuurip.com – Joko Kuncoro

Bojonegoro – Sebanyak lima embung baru di wilayah Bojonegoro, Jawa Timur akan dibangun. Embung-embung tersebut untuk meningkatkan produksi pertanian di Bojonegoro.

Kabid Air Baku dan Irigasi Dinas PU SDA Kabupaten Bojonegoro Bungku Susilowati mengatakan, tahun ini akan membangun lima embung baru dan satu perluasan waduk yang tersebar di lima kecamatan.

“Embung ini berfungsi untuk mendistribusikan dan menjamin ketersediaan air pertanian saat musim kemarau,” katanya, Senin (15/5/2023).

Dia mengatakan, selain bermanfaat untuk mengairi sawah embung juga dapat meningkatkan produktivitas lahan. Termasuk mencegah luapan air saat musim hujan dan dapat menekan risiko banjir.

“Juga dapat meningkatkan intensitas tanam dan pendapatan petani di lahan tadah hujan. Saat ini rencana pembangunan embung sudah pada tahap persiapan dan verifikasi,” katanya.

Untuk diketahui lokasi embung dan perluasan tersebut tersebar di lima kecamatan. Diantaranya embung Desa Kedungadem dan embung Desa Trumbrasanom di Kecamatan Kedungadem; embung Desa Malo di Kecamatan Malo; Embung Desa Teleng, Kecamatan Sumberejo; Embung Desa Sukorejo, Kecamatan Bojonegoro; dan perluasan waduk rowoglandang Desa Gading, Kecamatan Tambakerjo

Baca Juga :   Jasad Yaeman Belum Ditemukan

Untuk embung baru tersebut berada di Desa Tumbrasanom, Kecamatan Kedungadem. Pekerjaan selesai 100 persen, dan lainnya pekerjaan masih berlangsung. Desa Tumbrasanom berbatasan dengan Desa Kedungadem di sebelah utara, dan sebelah timur berbatasan dengan Desa Kendung. Sedang sebelah selatan berbatasan dengan Desa Dayu Kidul, dan sebelah barat dengan Desa Duwel.

Desa Tumbrasanom berada di dataran tinggi dan rata. Keberadaan embung sangat dibutuhkan, karena sebagian besar warga bekerja sebagai petani.(jk)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *