Peringati HLUN, Pertamina Sukowati Periksa Kesehatan Lansia

ANTUSIAS : Para Lansia Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, sedang diperiksa kesehatannya.

Suarabanyuurip.com – Arifin Jauhari

Tuban – Sebanyak 44 lansia di Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Jawa Timur turut merayakan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2023 dengan mengikuti senam pagi dan pemeriksaan kesehatan yang digelar di halaman Taman Lansia, desa setempat, Senin (29/05/2023).

Agenda itu terlaksana diinisiasi oleh PT Pertamina EP Sukowati Field (PEP Sukowati Field) yang tergabung di zona 11 Regional Indonesia Timur Subholding Upstream bekerja sama dengan ISTeK Icsada dan Puskesmas Soko.

Rangkaian acara senam yang dilanjutkan pemeriksaan kesehatan kepada para lansia dalam peringatan HLUN ini merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat (PPM) di bidang kesehatan yang berfokus pada kesehatan lansia dalam payung program Pelangi Pagi (Pertamina Peduli Lansia Produktif dan Bahagia).

Petugas Puskesmas Soko, Widyawati mengatakan, bahwa kegiatan semacam ini diperlukan bagi para lansia, selain sebagai penunjang kesehatan juga sebagai ajang berkumpul dan bersinergi bersama bagi para lansia.

Lansia Desa Rahayu  © 2023 suarabanyuurip.com

Para lansia Desa Rahayu saat senam bersama di halaman Taman Lansia.
© 2023 suarabanyuurip.com/Arifin Jauhari

Baca Juga :   Pertamina EP Gelar Pengobatan Gratis

“Selain itu juga membawa dampak positif di segi kesehatan fisik maupun psikis lansia, karena selain mengikuti senam bersama mereka juga membentuk komunitas sehingga saling menguatkan dan mendorong produktifitas,” kata Widyawati.

Seluruh peserta terlihat sangat semangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Dermi, salah satunya. Perempuan lanjut usia ini mengaku senang karena bisa sekalian olahraga dan periksa kesehatan.

“Kalau tidak ada kegiatan cuma di rumah nonton tv, kalau ini bisa olahraga sama-sama,” ungkap Dermi di sela-sela sesi pemeriksaan kesehatan.

Diwawancarai secara terpisah, Field Manager Pertamina EP Sukowati, Totok Parifianto memaparkan, program Pelangi Pagi ini merupakan program inovasi yang lahir dari permasalahan yang berhasil tergambar pada Sosial Mapping. Dari situ, program Pertamina EP Sukowati ini berfokus pada Lansia yang telah dijalankan sejak tahun 2021.

“Desa Rahayu memiliki 660 Lansia atau 17,35 persen dari jumlah penduduk di Desa Rahayu. Program Pelangi Pagi ini diharapkan mampu memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat sehingga Lansia dapat terus produktif dan sehat,” paparnya.(fin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *