KPI Bersama PPSDM Migas Latih Petugas Pengambil Contoh Air dan Limbah

Kilang Pertamina Internasional bersama PPSDM Migas memberikan pelatihan kepada petugas pengambil contoh air dan limbah.

Suarabanyuurip.com – d suko nugroho

Blora – Petugas pengambil contoh air dan limbah merupakan seorang yang mempunyai tanggung jawab dalam mengambil sampel air dan limbah dari tempat-tempat yang telah ditentukan. Mereka memegang peranan penting dalam menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Selain itu, petugas pengambil contoh air dan limbah harus memiliki pengetahuan yang luas terkait prosedur pengambilan sampel, pengukuran, dan pengujian.

Untuk memahami materi ini secara lebih mendalam, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) melaksanakan pelatihan Petugas Pengambil Contoh Air dan Air Limbah.

Pelatihan ini diperuntukkan kepada PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) dan dimulai pada hari Senin tanggal 5 – 7 Juni 2023.

Pemimpin pelatihan sekaligus pemateri Aplikasi K3LL Sampling, Retno Sri Wulandari menyampaikan bahwa peserta diharapkan mampu memahami pengetahuan dan keterampilan kepada peserta tentang teori praktis dan praktek cara pengambilan contoh air untuk keperluan analisis laboratorium.

“Pada materi Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Laboratorium ini menjelaskan tentang Pengetahuan tentang K3 yaitu ilmu pengetahuan dan penerapannya dalam upaya mencegah kecelakaan, kebakaran, peledakan, pencemaran, penyakit, dll atau disebut juga accident prevention,” ungkapnya.

Baca Juga :   Mahasiswa STTR dapat Pelatihan Teknisi Perawatan Mekanik di PPSDM Migas

Ia menjelaskan bahwa sasaran K3 di laboratorium adalah untuk melindungi para pekerja dan orang lain di tempat kerja. Selain itu, pemahaman ini juga menjamin agar setiap sumber produksi dapat dipakai secara aman ddan efisien.

“Dan yang terakhir adalah adanya jaminan proses produksi berjalan dengan lancar,” tegasnya.

Secara general, peserta akan mendapatkan materi tentang Pengetahuan tentang Air & Regulasi, Aplikasi K3LL Sampling, Perencanaan & Sistem Mutu Sampling, Metode Pengambilan Contoh, Pengujian di Lapangan, dan Praktek Pengambilan Contoh Air dan Air Limbah agar mereka memahami regulasi dan standar yang berlaku untuk menjaga kualitas dan keamanan air dan limbah.(suko)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *