Kementerian ESDM dan JCCP Gelar Pelatihan untuk Meningkatkan Kemampuan SDM Migas

Kementerian ESDM bersama dengan JCCP menggelar pelatihan untuk meningkatkan kemampuan SDM Migas.(dok Kementerian ESDM)

SuaraBanyuurip.com – Sami’an Sasongko 

Jakarta – Badan Pengembangan SDM ESDM bersama dengan Japan Cooperation Center Petroleum (JCCP) menggelar pelatihan Enhanced Reliability and Maintenance Program for Oil and Gas Plants, di Jakarta, pada 13-15 Juni 2023.

Pelatihan tersebut bagian dari bentuk komitmen Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM), khususnya pada subsektor minyak dan gas bumi (Migas).

“Kami menyadari bahwa pekerja adalah aset paling penting di industri ini. Keandalan dan pemeliharaan kilang membutuhkan perilaku yang proaktif, yang akan membantu para pekerja untuk mengoptimalisasi pengeluaran untuk maintenance, mengurangi kemungkinan kejadian tak terduga, dan meningkatkan mechanical availability,” kata Kepala BPSDM ESDM Prahoro Yulijanto Nurtjahyo, Selasa (13/6) kemarin.

Prahoro menyampaikan, bahwa saat ini keandalan kilang sangat penting untuk mencegah pekerjaan pemeliharaan yang tidak terduga. Dalam banyak kasus, masalah teknis yang menyebabkan pekerjaan maintenance memakan banyak biaya dan tidak dapat dihindari.

“Jadi, memahami mengapa dan kapan hal tersebut terjadi dapat membantu meningkatkan keandalan kilang,” ujarnya.

Baca Juga :   Strategi SKK Migas Mengejar Target Produksi 1 Juta Barel

Karena itu, lanjut Prahoro, pelatihan ini dilakukan sebagai bukti kepedulian dan komitmen Kementerian ESDM untuk mengembangkan SDM di subsektor Migas.

“Kami menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada JCCP atas program inisiatif ini. Semoga dapat terus berlanjut dan meningkatkan kerjasama kita di masa yang akan datang,” imbuh Prahoro dalam siaran persnya.

Sementara Kepala Pusat Pengembangan SDM Migas, Waskito Tunggul Nusanto, menambahkan, bahwa pelatihan ini bertujuan untuk memberikan informasi yang komprehensif tentang program keandalan operasi kilang migas di Jepang, program andalan dari perusahaan migas Jepang, serta kemajuan teknologi inspeksi dan pemeliharaan kilang.

“Seluruh peserta akan mendapatkan materi langsung dari narasumber JCCP, perusahaan migas terbaik di Jepang, para ahli dan praktisi industri, serta Direktorat Jenderal Migas dan perusahaan konsultan migas,” tutur Waskito.(sam)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *