Upacara HUT ke 78 RI di Kapal FSO Pertamina Abherka, Bukti Ketahanan Energi Terjaga

Kegiatan upacara HUT ke 78 RI di atas kapal FSO Pertamina Abherka.(Foto Dok.KESDM)

SuaraBanyuurip.com – Arifin Jauhari

Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) turut serta dalam pelaksanaan upacara memperingati hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan ke 78 Republik Indonesia (RI) di kapal Floating Storage and Offloading (FSO) Pertamina Abherka.

Kapal itu merupakan FSO pertama yang dioperasikan oleh Pertamina Group dan menjadi bagian penting dalam distribusi energi nasional selama satu dekade terakhir.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM, Agung Pribadi mengatakan, gelaran upacara ini adalah bukti nyata kesediaan energi yang tetap terjaga. FSO Pertamina Abherka memiliki kapasitas 600.000 barel dan dapat melayani akomodasi untuk 175 pekerja.

“Dengan FSO Pertamina Abherka, Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO) dapat menampung minyak hasil produksi sampai 30.000 barel per hari sehingga akan memberikan kontribusi positif bagi pencapaian target lifting minyak nasional,” kata Agung di Jakarta dalam siaran pers Kementerian ESDM dilansir SuaraBanyuurip.com, Kamis (17/08/2023).

Dijelaskan, bahwa kapal FSO Pertamina Abherka yang dimiliki oleh PT Pertamina International Shipping (PIS) ini telah menjadi saksi dan tulang punggung dalam distribusi energi nasional, yang pertama kali beroperasi pada tahun 2012.

Baca Juga :   33 Insan Berjasa Terima Penghargaan Dharma Karya ESDM 2022

Untuk mendukung dan memastikan segala sarana dan fasilitas berfungsi optimal, FSO Pertamina Abherka disebut baru saja rampung mempercantik diri dengan docking dan upgrading mulai Februari hingga akhir Juni lalu.

“Kita patut berbangga diri dengan dukungan Kapal FSO Pertamina Abherka ketahanan energi hingga saat ini terus terjaga,” ujar Agung.

Dia menambahkan, FSO ini adalah salah satu aset berharga negara dan mendukung pesan ulang tahun ke 78 kemerdekaan RI, yakni Terus Melaju Untuk Indonesia Maju.

“Kapal FSO Abherka masih bisa berkontribusi untuk RI selama 9 tahun ke depan, sehingga masih menjadi bagian penting dalam distribusi energi nasional selama satu dekade terakhir,” tandasnya.

Sebagai informasi Kapal FSO Pertamina Abherka merupakan fasilitas penampungan minyak terapung yang kini menjadi wujud sinergi positif dalam Pertamina Group dan diyakini bisa menciptakan efisiensi sekaligus meningkatkan kontribusi penerimaan negara.(fin)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA BANYUURIP

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *