Kembangkan Bisnis di Kenya, Presiden Jokowi Dukung Langkah Pertamina

Presiden Jokowi mendukung langkah Pertamina untuk melakukan pengembangan dan peningkatan potensi bisnis di Kenya.(Foto: dok Pertamina)

SuaraBanyuurip.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendukung langkah Pertamina melakukan pengembangan dan peningkatan potensi bisnis di Kenya. Hal itu disampaikan saat pernyataan pers bersama dengan Presiden Kenya William Ruto di State House, Kenya, Senin (21/08/2023).

Adapun potensi bisnis dimaksud yaitu di bidang energi, khususnya pengembangan panas bumi atau geothermal dan sektor lain, termasuk juga energi baru terbarukan. Bahkan Presiden Jokowi meminta dukungan Pemerintah Kenya agar kerja sama tersebut bisa segera terealisasi.

“Indonesia ingin tingkatkan investasi di Kenya terutama di sektor energi. Untuk itu, saya minta dukungan Kenya agar investasi Pertamina dengan Geothermal Development Company senilai $1.5 milyar dan dengan Guma Group dapat segera terealisasi dan diperluas di bidang energi baru dan terbarukan serta perlunya dibentuk Bilateral Investment Treaty antar kedua negara,” kata Presiden Jokowi, dalam siaran pers yang dilansir dari laman resmi Pertamina.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, yang juga mengikuti kunjungan Presiden Jokowi di Kenya mengatakan, Pertamina membuka segala peluang untuk bekerja sama dan khusus di Kenya. Pertamina telah menandatangani nota kesepahaman di bidang Geothermal dan penjajakan kerja sama strategis di sektor upstream hingga downstream.

Baca Juga :   Jokowi Minta Kepala Daerah Ajak Warganya Berwisata di Dalam Negeri

“Kerja sama antara Pertamina dengan mitra di Kenya menunjukkan komitmen semangat hubungan Asia-Afrika sebagai bagian dari spirit Konferensi Asia-Afrika 1955. Kerja sama di bidang energi merupakan salah satu kerja sama utama hasil dari kunjungan Bapak Presiden Jokowi ke Kenya,” ujar Nicke.

Nicke menambahkan, Kenya merupakan negara dengan potensi energi yang besar, baik dari sektor hulu hingga sektor geothermal.

“Ini merupakan langkah awal bagi Pertamina masuk ke Kenya untuk mengembangkan potensi bisnis yang bisa bermanfaat tentunya untuk kedua belah pihak,” tandasnya.(red)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *