PPSDM Migas Lakukan Pelatihan Petugas Pengambil Contoh Air dan Air Limbah

PPSDM Migas mengadakan pelatihan petugas pengambil contoh air dan air limbah selama dua hari untuk meningkatkan pemahaman petugas.

SuaraBanyuurip.com – d suko nugroho

Blora – Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) mengadakan pelatihan petugas pengambil contoh air dan air limbah. Pelatihan dipimpin oleh Rieza Mahendra Kusuma, pada 28 – 29 September 2023.

Pengambilan contoh air dan limbah adalah proses pengumpulan sampel air yang bertujuan untuk mengevaluasi apakah air limbah tersebut memenuhi standar kualitas lingkungan yang ditetapkan.

Pengambilan contoh air limbah dilakukan di tempat-tempat seperti pabrik, instalasi pengolahan air limbah, dan saluran pembuangan tak terkecuali di industry minyak dan gas bumi (migas).

Proses ini melibatkan penggunaan peralatan yang sesuai dan penerapan protokol pengambilan sampel yang benar. Pelatihan ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman petugas dalam pengambil contoh air dan air limbah.

Rieza menjelaskan, bahwa pelatihan ini memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta tentang teori praktis dan praktek cara pengambilan contoh air untuk keperluan analisis laboratorium.

“Dalam pelatihan ini, peserta akan mempelajari secara mendalam mengenai berbagai metode dan teknik yang digunakan dalam pengambilan contoh air untuk analisis laboratorium,” kata Rieza.

Baca Juga :   PPSDM Migas Asah Pengetahuan Pengawas Perusahaan Migas Melalui Pelatihan K3

“Peserta akan diberikan materi oleh para ahli yang berpengalaman dalam bidang ini, sehingga mereka akan mendapatkan pemahaman yang komprehensif serta keterampilan praktis yang diperlukan dalam mengambil contoh air dengan benar,” ujarnya.

Selama dua hari pelatihan, materi yang diberikan adalah perencanaan dan sistem mutu sampling, pengetahuan tentang air dan regulasi, aplikasi K3LL sampling, metode pengambilan contoh, dan pengujian di lapangan untuk lebih memahami proses sampling yang sesuai dengan peraturan yang berlaku.(Adv/suko)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *