Pertamina EP Cepu Zona 12 Raih Hasil Positif Audit K3 Siap Selamat dari Auditor Eksternal

Pertamina EP Cepu.
Pejabat Pertamina EP Cepu foto bersama usai pemaparan hasil audit K3 Siap Selamat di Kantor SKK Migas Jabanusa.

SuaraBanyuurip.com – PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12 meraih hasil positif Audit K3 Siap Selamat yang dilakukan oleh auditor eksternal PT DSS mewakili SKK Migas. Pengelola lapangan gas Jambaran – Tiung Biru (J-TB) ini mendapat mendapatkan nilai kesesuaian sebesar 96,7 persen terhadap PTK-005 Bab III.

Hal ini terangkum dalam pemaparan draft final laporan Audit K3 Siap Selamat oleh Auditor kepada SKK Migas dan PEPC Zona 12 yang dilaksanakan di Ruang Rapat Banyu Urip, Kantor Perwakilan SKK Migas – Jawa, Bali & Nusa Tenggara (Jabanusa) di Surabaya, Jawa Timur, Kamis, 30 Nopember 2023 lalu.

Manager HSSE Operations Zona 12 Benny Rahadian mengatakan sebagai operator Lapangan Jambaran-Tiung Biru (JTB), PEPC selalu mengutamakan aspek HSSE secara disiplin sejak fase project hingga menuju fase operasi sehingga dapat mencapai hasil yang baik walaupun selalu tetap ada peluang perbaikan. Menurutnya kegiatan audit ini dilakukan secara bertahap dengan fokus terhadap saat Project dan persiapan fase operasi, mulai dari pengembangan protokol, peninjauan dokumen, interview personil, hingga observasi lapangan.

Baca Juga :   Progress Perbaikan Peralatan Produksi Gas JTB Capai 75 Persen

Ditambahkan Benny, audit Siap Selamat ini memiliki fokus pada evaluasi kesesuaian tata kelola K3LL di PEPC Zona 12 terhadap persyaratan PTK-005.

“Dalam audit ini tim auditor mempergunakan pendekatan berjenjang yang berbasis risiko mulai dari peninjauan dokumen berdasar masukan SKK Migas serta realitas yang ada di lapangan hingga pelaporan menggunakan metode Plan, Do, Check, dan Act (PDCA),” jelas Benny dalam keterangannya yang diterima suarabanyuurip.com, Kamis (21/12^2023).

Penyelesaian audit Siap Selamat ini merupakan syarat dari SKK Migas kepada beberapa KKKS industri hulu migas yang ditunjuk sebagai pilot project untuk dirampungkan sebelum akhir tahun, termasuk PEPC Zona 12. Hal ini sesuai dengan Pedoman Tata Kelola 005 (PTK-005). Dalam audit ini, SKK Migas telah menunjuk auditor eksternal untuk mewakilinya dalam melakukan audit keselamatan kerja dan resiko operasionalnya. Beberapa lokasi yang dikunjungi dalam kegiatan audit ini antara lain Fire Station, Laboratorium JTB, First Aid Room, JTB Area 4 serta Control Building yang menjadi pusat operasional plant JTB.

Dalam kesempatan tersebut, Manager Senior K3LL SKK Migas Ivan Fadlun Azmi menyampaikan bahwa PEPC Zona 12 telah mengikuti proses audit Siap Selamat yang dilakukan oleh auditor terverifikasi dengan hasil yang cukup bagus. Dirinya mendukung serta mengapresiasi capaian yang diperoleh PEPC pada audit kali ini.

Baca Juga :   Konjen AS Kunjungi Blok Cepu

“Kami mengapresiasi capaian dari PEPC JTB ini, semoga kedepan dapat dipertahankan serta ditingkatkan lagi untuk memastikan keselamatan operasi migas ini,” terangnya.

Secara keseluruhan, dalam Audit K3 Siap Selamat ini PEPC Zona 12 telah mendapatkan nilai kesesuaian sebesar 96,7 persen terhadap PTK-005 Bab III. Beberapa temuan praktik yang baik dan perlu untuk dipertahankan oleh PEPC Zona 12 antara lain adanya Pre Productions Operations (PPO) sejak awal project.

Selain itu juga personil dipersiapkan dengan kompetensi yang diperlukan untuk menjalankan operasi. Secara umum pihak manajemen telah memberi perhatian penuh pada aktivitas lifting selama project JTB. Diharapkan pencapaian hasil audit ini akan semakin ditingkatkan pada periode mendatang, sehingga operasi JTB dapat mencapai hasil excellence.(red)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA BANYUURIP

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *