Lipat Surat Suara, Warga Bojonegoro Ketiban Berkah Rp800 Ribu per Hari

BERKAH : Para warga sekitar gudang logistik KPU Bojonegoro sedang melipat surat suara.

Suarabanyuurip.com – Arifin Jauhari

Bojonegoro – Pesta demokrasi tahun ini membawa berkah bagi warga di sekitar gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Pasalnya mereka ketiban rezeki hingga Rp800 ribu lebih per hari dalam kegiatan melipat surat suara Pemilu 2024.

Ratusan warga yang terlibat menjadi pelipat surat suara ini kebanyakan sudah berpengalaman. Sehingga terlihat cekatan dan terampil dalam melaksanakan tugasnya.

Salah satu pekerja, Arjuna Afrianto, mengaku sudah lama menjadi pekerja musiman pelipat surat suara. Setidaknya sudah 4 kali pria ini bergabung setiap masa Pemilu.

“Sudah langganan rutin tiap kali pemilu, ini yang ke 5 kalinya,” katanya kepada Suarabanyuurip.com, Senin (08/01/2024).

Dalam menjalankan tugasnya, Arjuna bekerja sama dalam satu tim yang terdiri dari 5 orang. Dalam sehari meraka ditargetkan minimal 10 dus surat suara atau 5.000 lembar. Dari tiap lembar yang dilipat dia mendapat upah Rp175.

Jika dikalkulasi, upah Rp175 per lembar di kali target 5.000 surat suara perhari, maka para anggota tim bisa mendapatkan honor sebanyak Rp875 ribu setiap harinya.

Baca Juga :   1.835 APS Bacaleg di Bojonegoro Dicopot

“Alhamdulillah, ketiban berkah Pemilu,” ungkapnya.

Ketua KPU Kabupaten Bojonegoro, Fatkhur Rahman mengatakan, pihaknya merekrut warga sekitar gudang logistik untuk melipat surat suara terbagi di dua lokasi. Yakni untuk gudang KPU sendiri dan gudang sewaan di Desa Mlaten, Kecamatan Kalitidu.

“Ada total 300 warga dilibatkan, masing-masing 150 orang di setiap tempat,” katanya.

Adapun honor bagi para pekerja pelipat surat suara sebesar Rp175 rupiah per lembar surat suara itu disebutnya merupakan hasil dari kesepakatan bersama.

Sebelum mengerjakan tugas melipat, para warga tentu telah diberi bekal bimbingan teknis tentang bagaimana cara melipat surat suara yang benar.

“Termasuk mensortir surat suara yang rusak dan cara mengerjakan pelipatannya,” tandasnya.

Diwartakan sebelumnya, KPU Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur kini memulai proses melipat surat suara untuk pelaksanaan Pemilu yang jatuh pada 14 Februari 2024.

“Kami melipat surat suara mulai hari ini Kamis (4/1) sampai dengan Selasa (9/1) besok,” kata Ketua KPU Bojonegoro, Fatkhur Rahman kepada SuaraBanyuurip.com, Kamis (04/01/2024).

Baca Juga :   Gelar Pembekalan Tiga Pilar Plus di Kecamatan Gayam

Adapun total surat suara yang dilipat ini jumlahnya sebanyak 1.054.512 lembar. Untuk sementara, pelipatan yang dikerjakan ini untuk surat suara Pileg DPRD Bojonegoro dan Pemilihan DPD RI.(fin)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *