Penyaluran Pupuk Subsidi di Bojonegoro Sudah Gunakan Aplikasi iPubers

Pupuk Subsidi.
Petani Bojonegoro sedang menabur pupuk ke tanaman padi.

SuaraBanyuurip.com – Joko Kuncoro

Bojonegoro – Penyaluran pupuk bersubsidi di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur sudah menggunakan integrasi pupuk bersubsidi (iPubers). Aplikasi iPubers ini untuk memudahkan penyaluran pupuk subsidi berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) petani sasaran.

Kepala Seksi Pupuk dan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bojonegoro, Tatik Kasiati mengatakan, aplikasi iPubers ini dikembangkan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) RI dan PT Pupuk Indonesia Persero untuk membantu merekap penyaluran pupuk bersubsidi para petani di daerah.

“iPubers merupakan sistem atau aplikasi yang dikembangkan Kementerian Pertanian untuk mempermudah pelaporan penyaluran pupuk bersubsidi,” katanya, Senin (19/2/2024).

Tatik menjelaskan, nantinya fungsi iPubers akan mencatat secara real-time penyaluran pupuk bersubsidi, terutama di Bojonegoro. Apalagi iPubers juga memudahkan pemesanan pupuk, update data, dan sebagainya yang dapat dilakukan oleh petani sendiri.

“iPubers mulai aktif diterapkan pada bulan Februari 2024 ini,” katanya.

Tatik menambahkan, penyaluran pupuk subsidi di Kabupaten Bojonegoro per Januari 2024 kemarin sudah mencapai 321 ton. Rinciannya Jenis Urea 197 ton dan NPK 124 ton.

Baca Juga :   Pemerintah Tambah Alokasi Pupuk Subsidi Menjadi 9,55 Juta Ton

“Untuk rekapitulasi penyaluran pupuk subsidi setiap sebulan sekali,” katanya.(jk)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *