Rekapitulasi Suara Tingkat KPU Kabupaten Bojonegoro Diwarnai Tanggapan Bawaslu

Rekapitulasi tingkat kabupaten.
RAPAT : Ketua PPK Dander, Tutuk Hadi Susilo (kanan) saat membacakan rekapitulasi penghitungan perolehan suara dalam Rapat Pleno Terbuka di KPU Bojonegoro.

SuaraBanyuurip.com — Arifin Jauhari

Bojonegoro — Rekapitulasi perolehan penghitungan suara tingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, diwarnai tanggapan secara aktif dari Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) setempat.

Rapat pleno rekapitulasi yang dihelat di gedung KPU Bojonegoro ini dijadwalkan berlangsung sejak Senin 26 Februari 2024 sampai dengan Rabu 28 Februari 2024. Pada hari pertama diagendakan rekapitulasi untuk Daerah Pemilihan (Dapil) I sampai dengan Dapil IV.

Kemudian di hari berikutnya rekapitulasi terjadwal untuk Dapil V dan Dapil VI. Dilanjutkan pada esoknya rekapitulasi untuk seluruh dapil dan seluruh kecamatan.

Dalam pelaksanaannya, penyampaian hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) ini diwarnai dengan beberapa kali tanggapan dari saksi partai politik dan Bawaslu. Hal itu terjadi jika ditemukan selisih jumlah suara pada C Hasil dengan D Hasil Kecamatan.

“Saat ini beberapa (jumlah suara) yang selisih masih kita minta untuk pembetulan, Mas,” kata Ketua Bawaslu Bojonegoro, Handoko Sosro Hadi Wijoyo kepada Suarabanyuurip.com, Senin (26/02/2024).

Baca Juga :   140 PPK Bojonegoro Terpilih Telah Dilantik, 40 Persen Bekas Panitia Pemilu 2024

Sementara Ketua KPU Kabupaten Bojonegoro, Fatkhur Rohman menyatakan, jika dalam rekapitulasi ada saksi yang memberikan tanggapan terhadap selisih jumlah suara maka pihaknya dapat meminta agar dokumen C hasil dibuka ulang.

“Kami akan buka ulang C Hasil untuk bahan perbaikan,” tandasnya.

Terpisah, Ketua PPK Dander, Tutuk Hadi Susilo mengaku, telah menyelesaikan gilirannya pada rekapitulasi tingkat KPU. Meski sempat ada tanggapan dari Bawaslu namun secara umum berlangsung lancar.

“Tidak ada selisih angka, lancar,” tegasnya.(fin)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *