Diduga Dukung Bacabup Independen, Bawaslu Bojonegoro Klarifikasi ASN

Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi, Weni Andriani.
Komisioner Bawaslu Bojonegoro, Kordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi, Weni Andriani.

SuaraBanyuurip.com – Joko Kuncoro

Bojonegoro – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bojonegoro, Jawa Timur telah memanggil oknum aparatur sipil negara (ASN) untuk melakukan klarifikasi atas dugaan keterlibatan membantu pemenuhan syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro Pilkada 2024n, Jumat (17/5/2024).

Klarifikasi dilakukan dalam rangka memastikan kebenaran terhadap laporan yang telah diterima oleh Bawaslu.

Komisioner Bawaslu Bojonegoro, Kordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi, Weni Andriani mengatakan, klarifikasi yang dilakukan hari ini untuk meindaklanjuti laporan dari warga pada Senin (13/5/2024) lalu terkait oknum ASN diduga tidak menjaga netralitas.

“Sesuai Perbawaslu Nomor 8 tahun 2020 Bawaslu akan melakukan pleno dan membuat kajian awal, untuk menentukan keterpenuhan syarat formil dan materiil laporan. Jika syaratnya terpenuhi, maka laporan akan diregistrasi dan segera diproses,” katanya, Jumat (17/5/2024).

Dia menjelaskan, pelapor juga telah dilakukan klarifikasi terkait laporannya. Kemudian dilanjutkan klarifikasi terhadap terlapor.

“Untuk klarifikasi terhadap terlapor kita lakukan pukul 09.00 Wib, kemudian dilanjutkan jam 14.00 WIB klarifikasi terhadap pelapor,”katanya.

Baca Juga :   Tahun 2019 Bapenda Cetak 728.959 Lembar SPPT

Weni sapaan akrabnya dalam keterangan pers rilisnya mengatakan, karifikasi dilakukan dalam rangka memastikan kebenaran terhadap laporan yang telah diterima oleh Bawaslu. Selanjutnya dari adanya bukti-bukti yang ada serta hasil klarifikasi atau permintaan keterangan dari pihak yang bersangkutan.

“Bawaslu akan mengkaji lagi dan akan bertindak tegas jika dugaan pelanggaran tersebut memang benar dan terbukti melanggar,” katanya.(jk)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *