Pemkab Bojonegoro Bangun Sanitasi Rp 36 Miliar

Santisasi Bojonegoro.
Salah satu santisasi yang di bangun Pemkab Bojonegoro untuk warga tidak mampu.(dok.pemkab bojonegoro)

SuaraBanyuurip.com – Joko Kuncoro

Bojonegoro – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur telah menganggarkan Rp 36 miliar untuk program sanitasi dalam APBD 2024. Anggaran itu untuk membangun 1.766 sanitasi atau mandi, cuci, kakus (MCK) di rumah warga daearah stunting.

Kepala Bidang Prasarana, Sarana, dan Utilitas (PSU) Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (PKPCK) Bojonegoro Iwan Maulana mengatakan, penerima program sanitasi mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2023 lalu.

“Kenaikan ini karena banyaknya permintaan masyarakat untuk program sanitasi ini,” katanya, Selasa (25/6/2024).

Iwan, sapaan akrabnya, menyampaikan pada 2023 kemarin tercatat 1.523 penerima sanitasi, sementara tahun ini sebanyak 1.766 penerima. Acuan penerima program sanitasi ini menggunakan data kemiskinan daerah (damisda) dan data stunting di Bojonegoro.

“Jadi memang tujuan sanitasi ini untuk mengatasi stunting dan agar masyarakat bisa hidup lebih sehat,” katanya kepada suarabanyuurip.com.

Iwan mengungkapkan, program sanitasi tahun ini dianggarkan sebesar Rp 36 miliar untuk 1.766 penerima. Sedangkan untuk anggaran satu bangunan sanitasi sebesar Rp 10-16 juta

Baca Juga :   Pertamina Dorong PGN-Patra Jasa Percepat Pembangunan 633.930 SR Jargas

“Dan itu setiap tahunnya pasti mengalami kenaikan, karena harga material juga naik jadi menyesuaikan,” katanya.

Untuk program sanitasi ini sudah dijalankan semenjak tahun 2018 lalu. Iwan mengatakan, jumlah total sasaran mulai tahun 2018 sampai 2024 ini sebanyak 11.895 kepala keluarga (KK).

Dia menambahkan, program ini diharapkan bisa membantu masyarakat, terutama untuk aktivitas mandi, cuci, kakus. Juga memberi kenyamanan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Dan agar masyarakat tidak melakukan aktivitas MCK di sembarang tempat atau di sungai,” katanya.(jk)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *