81.000 Dukungan untuk Nurul Azizah-Nafik Sahal Terverfak, Syarat Minimal Telah Terpenuhi

Bapaslon bupati dan wakil bupati jalur perseorangan, Nurul Azizah-Nafik Sahal.
Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro jalur perseorangan, Nurul Azizah-Nafik Sahal.

SuaraBanyuurip.com — Arifin Jauhari

Bojonegoro — Sebanyak 81.000 lebih dukungan warga Bojonegoro yang diberikan kepada bakal pasangan calon (bapaslon) bupati-wakil bupati, Nurul Azizah-Nafik Sahal telah berhasil terverifikasi faktual (verfak).

Meski belum seluruhnya dari jumlah dukungan diverfak, namun jumlah syarat minimal dukungan kepada bapaslon jalur independen ini telah terpenuhi. Sebab dukungan yang dibutuhkan telah terlampaui dari minimal mendapat 67.200 dukungan.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Ariel Sharon mengatakan, bahwa pelaksanaan verfak syarat dukungan calon perseorangan atau independen berlangsung selama 10 hari. Sejak tanggal 21 Juni hingga 4 Juli 2024.

“(sementara) Data pada pukul 12.00 WIB, siang tadi sudah sebanyak 81 ribu sekian yang terverfak, dan jumlah dukungan yang memenuhi syarat telah memenuhi ambang batas,” kata Ariel Sharon kepada Suarabanyuurip.com, Kamis (04/07/2024).

Dijelaskan, jumlah syarat dukungan yang masuk ke KPU lebih dari 84.000. Sementara yang telah terverfak sekira lebih dari 81.000, sehingga masih belum terverfak kurang lebih 3.000 dukungan. Kendati, pada hari terakhir ini pihaknya memastikan selesai sesuai batas waktu yang telah di tetapkan.

Baca Juga :   Pemrov Jateng Bantu Rp40,5 M Untuk Blora

Komisioner KPU yang belum lama dilantik ini menyebutkan, ada sebanyak delapan ribuan dukungan yang di nyatakan tidak memenuhi syarat atau TMS.

“Jumlah dukungan yang dinyatakan TMS persentasenya di bawah sepuluh persen, ini kurang lebih, bukan angka pasti, karena kami masih nunggu hasil pasti dari kecamatan, hanya kisaran per siang tadi,” jelasnya.

Berkas dukungan yang dinyatakan tidak memenuhi syarat itu disebabkan beberapa hal. Antara lain karena yang bersangkutan berubah pikiran, sulit di temui atau tidak berada di tempat, dan tidak ada bukti rekaman pendukung.

“(padahal) Jika (pemberi dukungan) sulit ditemui, petugas kami juga sudah berusaha menghubungi nomor telepon untuk panggilan video,” bebernya.

Pasca verfak, internal KPU akan melanjutkan dengan rekapitulasi, dimulai sejak tanggal 5 sampai dengan 8 juli 2024. Setelah itu diteruskan rapat pleno diawali tanggal 7 berakhir hingga 8 Juli 2024 untuk tingkat kecamatan.

“Pleno berlanjut sampai tanggal 12 Juli 2024 untuk tingkat kabupaten,” tandas Ariel.

Terpisah, Koordinator tingkat Kecamatan (Korcam) Ngasem untuk Relawan Nurul Azizah-Nafik Sahal, Moch. Lahir memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh relawan Nurul Azizah se-Kabupaten Bojonegoro khususnya Kecamatan Ngasem. Sebab mereka telah berjuang bersama-sama tanpa mengenal lelah dalam mengawal dan menggalang dukungan dari awal hingga tahap verfak ini. Sehingga hasilnya diperkirakan sudah melebihi batas syarat minimal.

Baca Juga :   Harga Batubara Catatkan Tren Positif, HBA Agustus Naik Jadi USD321,59 per Ton

“Harapan kami kedepan para relawan semakin solid dan terus bergerak hingga pada hari pencoblosan nanti sehingga kemenangan bisa kita raih, kemenangan Bu Nurul Azizah adalah kemenangan rakyat Bojonegoro,” ucap pria yang juga menjabat Wakil Ketua DPC PPP Bojonegoro ini.(fin)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *