Jelang Tahun Baru 2023, Perajin Suvenir Banjir Pesanan

Ketua SH Terate Cabang Bojonegoro, Wahyu Subakdiono saat memesan suvenir di Galeri My Felt.

Suarabanyuurip.com – Arifin Jauhari

Bojonegoro – Masa perayaan Natal 2022 dan menjelang tahun baru masehi 2023 memunculkan berkah di kalangan para perajin cinderamata, pernak pernik atau suvenir di Bojonegoro, Jawa Timur. Herny Trias Ambar Sesanti dan Mintorowati misalnya.

Pemilik toko suvenir dan kado hantaran di Jalan Pemuda Bojonegoro, Herny Trias Ambar Sesanti menuturkan, pesanan suvenir, parsel, dan buket meningkat 100 % di tahun ini dibandingkan tahun 2021 lalu. Ini dimulai sejak dua minggu sebelum Natal hingga kini.

“Alhamdulillah, tahun ini ramai. Selain parcel dan buket Natal juga paket untuk tahun baru bagi yang non Nasrani. Pesanan meningkat dua kali lipat dibandingkan saat masih pandemi,” tuturnya kepada SuaraBanyuurip.com, Senin (26/12/2022).

Perempuan yang akrab disapa Hernik ini mengaku mencapai omzet hingga Rp50 an juta dari pesanan yang dia terima. Harga yang dia patok pun disebutnya relatif terjangkau. Karena berada di rentang harga Rp1 jutaan ke bawah setiap paket.

Karyawan Toko Kado sedang menyusun parsel tahun baru 2023.
© 2022 suarabanyuurip.com/Arifin Jauhari

Baca Juga :   Sumbang PAD Rp 500 Juta, BUMDes Gedungarum Raih Juara 3 Terbaik Se Jatim

“Saya kira masih relatif murah ya. Setiap paket mulai Rp100 ribuan sampai Rp1 juta,” ucap pengusaha Toko Kado sejak tahun 2000 ini.

Selain Hernik, ada pula Mimin, pemilik galeri My Felt, di Kelurahan Sumbang Bojonegoro. Dia mengatakan, pesanan pernak pernik dari dalam maupun luar kota mengalir deras. Omzetnya puluhan juta, tanpa dia sebut secara rinci.

Desainer suvenir berbahan flanel itu mengaku, pesanan ini terjadi karena tak hanya 30-an outlet lokal menjadi sasaran. Misalkan, Swalayan KDS, Galeri Dinkop, IKM Mart, EJSC Bakorwil, dan Togamas Bojonegoro. Tetapi juga banyak outlet luar kota.

“Banyak pesanan juga dari Yogyakarta, boneka sepasang dengan tema kebaya Jawa untuk tahun baru,” kata pemilik nama asli Mintorowati ini.

Tak hanya suvenir menyambut tahun baru saja, bahkan salah satu perguruan silat dia katakan juga memesan suvenir boneka flanel untuk kegiatan awal tahun baru, yaitu di bulan Januari 2023.

“Dari SH Terate juga pesan ratusan suvenir boneka. Yang kecil ukuran 35 centimeter ada sekira 75 buah,” pungkasnya.(fin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *