Gandeng Alumni, SMA Negeri 1 Cepu Gelar Seminar P5 Bertema Kewirausahaan

Pelajar SMAN 1 Cepu antusias mengikuti seminar P5 bertema Kewirausahaan dengan menghadirkan narasumber alumni yang sukses berwirausaha.

Suarabanyuurip.com – Didik Jatmiko

Blora – SMA Negeri 1 Cepu, Kabupaten Blora, Jaww Tengah, berkolaborasi dengan alumninya menggelar seminar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema kewirausahaan. Projek ini merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka untuk menanamkan karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di setiap jenjang satuan pendidikan.

“P5 merupakan platform kami dalam rangka mewujudkan profil siswa pancasila,” ujar Plt. Kepala SMAN 1 Cepu, Mohammad Ali Rozaq.

Dia menyampaikan, P5 juga menjadi acuan dalam penerapan Kurikulum Merdeka sehingga anak tidak hanya diberikan teori dalam pembelajaran tetapi diajarkan melalui kegiatan projek. Seperti P5 dengan tema kewirausahaan yang hari ini dilaksanakan oleh SMAN 1 Cepu dengan mendatangkan alumni yang sudah berhasil menjadi wirausaha.

Menurut Mohammad Ali, kolaborasi alumni dengan program sekolah P5 sangat memberikan manfaat dan dampak yang luar biasa. Dari sisi alumni bisa bersinergi dengan almamaternya merupakan suatu hal yang sudah seharusnya dilakukan untuk berbagi kesuksesan.

Sedangkan bagi sekolah, lanjut dia, kegiatan seperti ini harus sering dilaksanakan agar mampu memberikan motivasi kepada adik kelas mereka mempunyai wawasan yang luas tentang bagaimana bisa sukses untuk berwirausaha. Sehingga diharapkan mereka cerdas dalam pengetahuan, cerdas dalam attitude, juga mempunyai kecerdasan dalam managemen wirausaha

Baca Juga :   Dewan Pendidikan Sinau Bareng Bersama Mensesneg Pratikno

“Melalui seminar yang mendatangkan narasumber dari alumni SMAN 1 Cepu yang sudah menjadi wirausaha, saya nilai positif untuk membiasakannya sejak dini, belajar menjadi wirausaha yang suskes,” jelasnya.

Seminar P5 dengan tema kewirausahaan di Aula SMA Negeri 1 Cepu dihadiri oleh 300an siswa kelas X. Menghadirkan narasumber dari alumni yang memiliki beberapa usaha brand lokal seperti: aryabarbershop, Sony sugema college cepu, hawabeauty, pusatkota cafe, dan lain-lain.

Ariraya, selaku narasumber mengaku bangga bisa ikut berkontribusi memberikan motivasi siswa-siswi SMAN 1 Cepu dalam rangka mewujudkan P5 dengan tema kewirausahaan.

“Saya bangga dapat berkontribusi berbagi pengalaman melalui seminar ini, Acara² kewirausahaan seperti ini hendaknya dilaksanakan berkelanjutan oleh siswa dengan mempraktekkan dari apa yang sudah didapatkan selama di kelas, ungkap ariraya.

Dalam P5 terdapat 8 tema projek profil yang dapat dipilih oleh satuan pendidikan dari SD/MI hingga SMA/MA/SMK/MAK dan sederajat. Yaitu: Gaya Hidup Berkelanjutan, Kearifan Lokal, Bhinneka Tunggal Ika. Bangkitkan Raga dan Jiwa, Suara Demokrasi, Rekayasa dan Teknologi, Kewirausahaan, dan Ketenagakerjaan.(dik)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *