Diserang Penyakit Aneh, Petani Pinggiran Hutan Terancam Gagal Panen

TERANCAM GAGAL PANEN : Tanaman kacang tanah menginjak berbunga yang diserang penyakit mentek membuat daunnya menjadi putih.

Suarabanyuurip.com – Sami’an Sasongko

Bojonegoro – Hasil produksi pertanian petani pinggiran hutan di wilayah Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, terancam gagal panen. Karena terserang penyakit aneh yang mengakibatkan daun tanaman berwarna putih.

Penyakit aneh itu menyerang tanaman kacang tanah milik warga sejak tanaman mulai berbunga. Akibatnya proses biji kacang tidak maksimal.

Petani Desa Butoh, Kecamatan Ngasem, Rakimin, mengatakan, awal pertumbuhan kacang tanah sangat baik. Namun setelah mulai bunga penyakit itu menyerang dan membuat daunnya menjadi putih.

“Penyakit aneh itu kami menyebutnya penyakit mentek. Mulai menyerang ketika usia tanaman menginjak 1 sampai 2 bulan.  Kalau sudah diserang, tanaman kacang jadi kerdil dan biji kacang tidak maksimal,” kata Rakimin kepada SuaraBanyuurip.com, Sabtu (25/03/2023).

Dia mengaku, berbagai upaya sudah dilakukan. Baik dengan penyemproten pada daun tanaman yang terserang penyakit maupun lainnya. Namun upaya tersebut tidak membuahkan hasil.

“Tidak bisa memulihkan, mungkin faktor alam yang tidak bersahabat,” jelasnya.

“Serangan penyakit seperti itu sudah sering dialami petani. Jadi sudah tidak kaget lagi, karena sudah biasa mengalaminya, Pak,” sambung Parno, petani lainnya.(sam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *