Tiga Wilayah Kerja Migas Dilelang, Berikut Jadwalnya

Pemerintah melelang tiga WK Migas tahap I tahun 2023.

Suarabanyuurip.com – d suko nugroho

Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian ESDM mengumumkan penawaran tiga wilayah kerja (WK) tahap I tahun 2023, Senin (10/4/2023). Lelang tiga WK ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan produksi minyak dan gas bumi nasional.

Ketiga WK yang ditawarkan adalah WK Akia berlokasi di Lepas Pantai Kalimantan Utara merupakan WK Eksplorasi dengan perkiraan sumber daya sebesar 2 billion barel oil (BBO) minyak dan 9 triliun cubic feet (TCF) gas. Lokasi WK Akia ini berdekatan dengan beberapa WK yang sudah terbukti potensi hidrokarbonnya seperti Tarakan, Bunyu dan Nunukan.

Kedua, WK Beluga yang berlokasi di Lepas Pantai Natuna Barat merupakan WK Eksplorasi dengan perkiraan sumber daya sebesar 360 juta barel oil (MMBO) minyak dan 50 billion cubic feet (BCF) gas. Lokasi WK Beluga ini dekat dengan South Natuna Sea Block B, Duyung, Natuna Sea Block A, Udang dan Kakap, di mana WK-WK migas tersebut sudah terbukti potensi hidrokarbonnya.

Ketiga, WK Bengara I berlokasi di Dataran Kalimantan Utara, merupakan WK Eksplorasi dengan perkiraan sumber daya sebesar 90 juta barel oil equivalent (MMBOE) minyak dan gas. Lokasinya juga berdekatan dengan WK yang potensi hidrokarbonnya sudah terbukti seperti WK Simenggaris dengan produksi berupa gas bumi.

Baca Juga :   Lewat Pameran, DEN Edukasi Transisi Energi ke Masyarakat

“Masing-masing WK yang ditawarkan, di mana seluruhnya menggunakan skema bagi hasil Cost Recovery,” kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji dalam keterangan tertulisnya.

Tutuka menegaskan komitmen Pemerintah mendukung pengembangan hulu migas.

“Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mendukung pengembangan kegiatan hulu migas di dalam negeri, dengan terus melakukan improvement dalam sistem pengelolaan minyak dan gas bumi sehingga dapat meningkatkan keyakinan investor dalam melakukan investasi,” tandasnya.

Tutuka menjelaskan, ada beberapa ketentuan pokok yang menarik dalam penawaran ini. Yakni perbaikan sharing split, first Tranche Petroleum (FTP) sebesar 10% shareable, signature bonus bersifat open bid, dan kontrak bagi hasil pada ketiga Wilayah Kerja ini menggunakan skema Cost Recovery sesuai usulan Badan Usaha dan Pelaksana Studi Bersama, di mana Kontrak ini juga meliputi pengusahaan Migas Konvensional dan Non-Konvensional.

Kemudian, DMO price sebesar 100% ICP, tidak ada kewajiban untuk mengembalikan sebagian wilayah kerja selama tiga tahun pertama, tidak ada cost ceiling untuk Cost Recovery, dan untuk akses paket data melalui mekanisme keanggotaan (membership).
Selain beberapa ketentuan pokok tersebut, Kontraktor juga akan memperoleh fasilitas perpajakan sesuai dengan peraturan yang berlaku, serta apabila terdapat kendala keekonomian, Kontraktor juga dapat mengajukan insentif yang diperlukan untuk pengembangan lapangan.

Baca Juga :   Pertamina Dukung Pemerintah Bangun Ekosistem Kendaraan Listrik

Pihaknya mengundang Badan Usaha dan Bentuk Usaha Tetap yang bergerak pada industri hulu minyak dan gas bumi yang memiliki kemampuan keuangan dan teknis, mampu memenuhi syarat minimum komitmen pasti, memenuhi syarat dan ketentuan pokok lelang wilayah kerja. Serta memiliki kinerja dan track record yang baik untuk dapat berpartisipasi pada Lelang Wilayah Kerja Migas Tahap I Tahun 2023.

“Bagi Badan Usaha dan Bentuk Usaha Tetap yang berminat, registrasi dan akses Bid Document dilakukan melalui website online Lelang Wilayah Kerja Migas sesuai dengan jadwal yang ada di https://esdm.go.id/wkmigas,” pungkas Tutuka.(suko)

Berikut Jadwal dari Lelang WK Migas Tahap I Tahun 2023 :

A. Lelang Penawaran Langsung

a. Akses Bid Document: mulai tanggal 10 April 2023 s.d. 8 Mei 2023
b. Batas Waktu Pemasukan Dokumen Partisipasi: 9 Mei 2023

B. Lelang Penawaran Langsung tanpa Studi Bersama

a. Akses Bid Document: mulai tanggal 10 April 2023 s.d. 8 Mei 2023
b. Batas Waktu Pemasukan Dokumen Partisipasi: 9 Mei 2023

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *