IAINU Tuban Miliki Prodi Psikologi Islam

Rektor IAINU Tuban H Akhmad Zaini
Rektor IAINU Tuban H Akhmad Zaini bersama Dr Suryani dari UIN Sunan Ampel Surabaya saat lounching Prodi Psikologi Islam di gedung KH Hasyim Asy'ari di komplek IAINU setempat. (SuaraBanyuurip.com/ist)

SuaraBanyuurip.com – Teguh Budi Utomo

Tuban  – Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban, Jatim mulai tahun 2023 memiliki program studi (Prodi) Psikologi Islam. Prodi baru di bawah naungan Fakultas Dakwah ini, menjadi alternatif yang solutif dalam menghadapi tantangan jaman karena materinya kian lengkap ketimbang psikologi umum di perguruan tinggi lain.

“Prodi Psikologi Islam diharapkan  menjawab kebutuhan masyarakat,” kata Rektor IAINU Tuban, H Akhmad Zaini,  disela Lounching Prodi Psikologi Islam IAINU Tuban di gedung KH Hasyim Asy’ari di kompleks IAINU Tuban di kawasan Jalan Manunggal Tuban, Sabtu (9/09/2023).

Peluncuran prodi anyar oleh Kasubdit Ketenagaan Diktis Kementerian Agama, Dr Rukman Basori, itu dilanjutkan dengan  seminar dengan tema “Menghadapi Mental Breakdown Remaja di Era 5.0”. Perhelatan yang diikuti perwakilan SMA, SMK, dan MA se Kabupaten Tuban ini, menghadirkan narasumber Wakil Bidang Akademik dan Kelembagaan Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Sunan Ampel Surabaya, Dr Suryani. Tampak pula mengikuti kegiatan ilmiah tersebut jajaran dosen, staf, dan  mahasiswa IAINU Tuban.

Baca Juga :   Libur Iduladha, Jumlah Penumpang KA Melonjak

Prodi Psikologi Islam, ungkap Akhmad Zaini, menjadi pelengkap dari Prodi Manajemen Dakwah di fakultas sama. Di prodi ini mahasiswa bakal mendapatkan nilai lebih. Mereka akan menerima materi kuliah yang lebih lengkap dari berbagai sisi.

Bukan hanya materi kuliah psikologi modern, atau psikologi umum seperti yang diterima oleh mahasiswa dari prodi  serupa di perguruan tinggi lain. Mereka juga dibekali pengetahuan agama.

Pemahaman terhadap nilai-nilai agama, termasuk hukum-hukum agama, akan melengkapi kualitas, dan kapasitas lulusan dalam posisinya sebagai psikolog nanti. Berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat, lulusan prodi ini bisa memberikan jalan keluar yang lengkap, serta tinjauan masalah yang lebih luas dan komprehensif.

“Saat menerima konsultasi lulusan prodi ini, tidak hanya mengandalkan daya pikir dan akal manusia belaka, namun selalu melibatkan Tuhan,” kata Zaini, sapaan akrab akademisi yang pernah berprofesi sebagai Jurnalis itu seraya menambahkan, “Karena konsep dan nilai-nilai agama, selalu menjadi latar belakang dalam memandang, dan menyikapi setiap persoalan.”

Diperoleh informasi, izin operasi Prodi Psikologi Islam IAINU Tuban terbit pada bulan Mei 2023 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 527 Tahun 2023, tertanggal 23 Mei 2023. Perguruan tinggi terbesar milik NU di Tuban ini langsung membuka pendaftaran bagi mahasiswa di prodi baru tersebut.

Baca Juga :   H-7 Pekerja Belum Terima THR Bisa Adukan Secara Online, Pengusaha Bisa Disanksi

IAINU Tuban memiliki 4 fakultas, dan 7 prodi. Yakni Fakultas Tarbiyah dengan prodi S1 Pendidikan Agama Islam (PAI), S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), dan S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD).

Kemudian Fakultas Syariah dengan Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) dengan prodi Perbankan Syariah, serta Fakultas Dakwah dengan Prodi Manajemen Dakwah dan Psikologi Islam. Saat ini perguruan tersebut memiliki lebih dari 1.000 mahasiswa. (tbu)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *