Pertamina EP Cepu Field Bersama Lestari Sosialisasikan Program UMKM di Ledok

Sosialisasi UMKM
ANTUSIAS : Para kelompok UMKM dan peternak saat mengikuti sosialisasi program peningkatan kapasitas dari Pertamina EP Cepu Field dan mitra Lestari Muda Indonesia.

SuaraBanyuurip.com – Arifin Jauhari

Blora – Pertamina Eksplorasi dan Produksi (EP) Cepu Field bersama Lestari Muda Indonesia menggelar sosialisasi program peningkatan kapasitas kelompok Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah kerjanya meliputi Kabupaten Blora, Jawa Tengah dan Tuban, Jawa Timur.

Agenda yang dipusatkan di Balai Desa Ledok, Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora, Rabu (12/09/2023) tersebut mengundang sejumlah kelompok UMKM dan kelompok ternak di Desa Ledok dan Desa Pulo, Kecamatan Kedungtuban.

Kepala Desa Ledok, Sri Lestari, menyambut baik acara tersebut, mengingat banyak potensi yang ada di desa ini. Terima kasih dia ucapkan karena telah mempercayai desa yang dia pimpin sebagai tempat sosialisasi.

“Kebetulan di sini ada kelompok UMKM dan kelompok ternak, yakni kambing dan lele, mudah-mudahan bisa naik kelas,” harapnya dalam sambutan.

Sementara perwakilan Pertamina EP Cepu Field, Yeri Usiana menyatakan, bahwa program ini bertujuan meningkatkan kapasitas kelompok yang ada.

“Sehingga diharapkan mengangkat kualitas dari potensi yang ada,” ujarnya.

Sedangkan mitra pendamping program dari Organisasi Non Pemerintah (Ornop) Lestari Muda Indonesia yang digandeng oleh Pertamina EP Cepu Field turut serta memberikan gambaran tentang pentingnya bergabung dalam kelompok. Selain itu memaparkan pula memahami segala persoalan bidang UMKM dan peternakan.

Baca Juga :   CSR Migas Harus Selaras RPJMD Bojonegoro

“Permasalahan utama dari UMKM adalah pasar, dan masalah utama dari peternakan adalah pakan, tentu Lestari berkewajiban untuk mengedukasi serta bersama-sama dengan kelompok untuk memecahkan masalah yang ada,” papar Ulil, sapaan akrabnya.

Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Siswanto, ikut serta memberikan motivasi kepada pelaku UMKM. Politikus dari Fraksi Golkar ini juga membagikan tips dalam berwirausaha kepada para peserta.

“Kunci utamanya adalah mentalitas, jadi luruskan niat dari sekarang, urusan modal itu nomor sekian,” beber anggota dewan asal Desa Ledok.

Selain berbagai suluh pengetahuan diberikan kepada hadirin, Ketua Lestari Muda Indonesia, Danial Wahyu sempat memberikan testimoni dari hasil dampingannya guna memberikan suntikan penyemangat dalam berwirausaha kepada para peternak dan pelaku UMKM di Desa Ledok dan Desa Pulo.(fin)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *