Pertamina EP Sukowati Field Tingkatkan Kapasitas UMKM Binaan

UMKM Binaan Pertamina Sukowati.
Para pelaku UMKM binaan Pertamina EP Sukowati Field saat mengikuti pembekalan peningkatan kapasitas.

SuaraBanyuurip.com – Arifin Jauhari

Bojonegoro – Operator lapangan minyak dan gas bumi (migas) Blok Tuban, PT Pertamina Eksplorasi dan Produksi (EP) Sukowati Field menggelar Pelatihan Peningkatan Capacity Building Kelompok Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Binaan UMKM Ampel Apik dan Batik Kembang Sambiloto.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa sampai dengan Rabu 24-25 Oktober 2023 itu bertujuan meningkatkan kapasitas pelaku UMKM. Acara ini terlaksana dengan menggandeng mitra dari Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) Lestari Muda Indonesia, dan diikuti oleh para anggota kelompok dengan mengangkat tema “Berani Usaha”.

Pelaksana program dari Lestari Muda Indonesia, Farhan Ulil mengatakan, dengan mengusung tema itu, harapannya kelompok UMKM bisa berani dan percaya diri memasarkan produknya di pasar modern.

“Untuk itu, peserta dibekali materi tentang pembukuan keuangan, quality control produk, pembuatan desain baju, marketing, serta strategi branding dan packaging,” kata Ulil, sapaan akrabnya kepada SuaraBanyuurip.com.

Sementara Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro (Disdagkop UM) Kabupaten Bojonegoro Sukaemi, menyampaikan apresiasi atas komitmen Pertamina EP Sukowati dalam mengembangkan kegiatan ekonomi, khususnya yang menyasar ke pelaku ekonomi kecil sehingga mereka semakin mandiri.

Baca Juga :   Panen Melon di Tengah Pandemi

Sukaemi secara pribadi mengaku sepakat dengan tema yang diangkat, yakni ‘Berani Usaha’, karena wajib dimiliki oleh setiap pelaku UMKM.

“Sebagai bentuk sinergi dan tindak lanjut dari kegiatan ini, Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro akan membantu produk kelompok UMKM dan batik bisa masuk pasar modern,” ujarnya.

Manager PT Pertamina EP Sukowati Field, Totok Parafianto menerangkan bahwa pelatihan Peningkatan Capasity Building Kelompok UMKM ini merupakan bentuk aplikasi Program Pengembangan Masyarakat (PPM) di bidang ekonomi tahun 2023.

“Pelatihan ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat di sekitar wilayah operasi, melalui PPM di bidang ekonomi,” terang Totok.

Berani memulai adalah hal yang mudah namun sulit dilaksanakan. Oleh sebab itu pria ramah ini berharap dengan hadirnya PPM bidang ekonomi dari Pertamina EP Sukowati mampu memotivasi dan mendukung keberanian tersebut.

Sedangkan Senior Manager Relations Regional Indonesia Timur Pertamina Subholding Upstream Fitri Erika menyatakan kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi pelaku UMKM agar memiliki bekal untuk bersaing di pasar modern.

Baca Juga :   DMO CPO Naik 30 Persen, Pemerintah Pastikan Distribusi Merata

“Harapannya dengan mengusung tema ini, kelompok binaan UMKM Pertamina EP Sukowati mampu percaya diri untuk tampil di pasar modern,” ucapnya.

Perempuan enerjik ini menambahkan, kegiatan ini juga merupakan bentuk komitmen perusahaan terhadap kinerja keberlanjutan melalui kegiatan Environmental, Social dan Governance (ESG), dan mendukung capaian agenda internasional Sustainable Development Goals (SDGs).

“Terutama tujuan No. 8 Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi,” tambahnya.(fin)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *