Pertamina EP Sukowati Field dan Cepu Field Wujudkan Jaringan Air Bersih di Wonocolo

Jaringan air bersih di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan hasil kolaborasi Pertamina EP Sukowati dan Cepu Field.

SuaraBanyuurip.com – Arifin Jauhari

Bojonegoro – PT Pertamina Eksplorasi dan Produksi (EP) Sukowati Field dan Pertamina EP Cepu Field berkolaborasi mewujudkan jaringan air bersih untuk menanggapi permasalahan kekeringan yang acap kali terjadi di wilayah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Adapun yang menjadi sasaran program ialah Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro, yang merupakan salah satu dari 16 kecamatan terdampak kekeringan karena musim kemarau berkepanjangan.

Kolaborasi dua anak perusahaan Pertamina Hulu Energi (PHE) dalam program Pengembangan Jaringan Air Bersih diupayakan sebab dapat membantu masyarakat dalam jangka panjang. Saat ini aliran air bersih sudah dapat dinikmati lebih dari 60 keluarga di Wonocolo secara langsung.

Camat Kedewan, Eko Subiyono, menyampaikan penghargaan tinggi atas terlaksananya program ini. Pihaknya mengaku sangat siap untuk bekerja sama terkait pelestarian lingkungan khususnya di Kecamatan Kedewan.

“Kami menilai program ini sangat bermanfaat bagi warga Desa Wonocolo karna selama ini ketika kemarau sangat rentan kekeringan,” ujar Eko Subiyono dalam keterangan tertulis yang diterima Suarabanyuurip.com, Minggu (10/12/2023).

Baca Juga :   Pertamina EP Sukowati Field - IDFoS Bangun Jaringan Air Bersih di Drenges
Pertamina EP Sukowati, dan Cepu Field, serta para pihak terkait saat tanam pohon untuk konservasi air.

Dalam penerapannya, baik PT Pertamina EP Sukowati dan Cepu Field mendorong agar dalam program air bersih ini turut disertakan pula usaha konservasi air melalui penanaman pohon, sehingga ketersediaan air dalam tanah tetap terjaga.

Upaya merawat kantong air alami supaya tetap terjaga itu terejawantahkan dalam gerakan penanaman 100 pohon dilakukan di lokasi kebun percontohan warga Desa Wonocolo, di areal program jaringan air bersih pada Jumat (08/12).

Kala penanaman pohon, perwakilan Bapeda Kabupaten Bojonegoro Sahid, memuji atas kolaborasi yang dilakukan oleh PT Pertamina EP. Dia menilai hal itu sudah terlaksana sangat baik. Ia berharap program seperti ini perlu di lanjutkan sehingga memberikan dampak ‘multiplier effect’ kepada masyarakat.

“Adanya Program CSR ini sangat bermanfaat bagi warga, apalagi disertakan dengan penanaman pohon, sebagai upaya konservasi, dan kedepan dapat berdampak bagi ekonomi daerah setempat kaitannya dalam bentuk Eco Wisata,” ucap Sahid.

Terpisah Manager Communication Relations CID Regional 4, Rahmat Drajat menyatakan, bahwa program ini merupakan hasil kolaborasi bersama antara PEP Sukowati Field dan Cepu Field bersama Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.

Baca Juga :   Pemkab Bojonegoro Diminta Tinjau Ulang Skema Baru Pembagian CSR Migas

“Tahun lalu kami juga merealisasikan Program Jaringan Air Bersih di 6 Desa di Kabupaten Bojonegoro. Ini merupakan komitmen kami dalam merespon kekeringan yang terjadi di wilayah Bojonegoro. Dan kami berharap program ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan dapat berkelanjutan,” kata Rahmat.

Sekedar diketahui, program air bersih ini sekaligus menjadi upaya perusahaan pelat merah ini dalam membantu pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) tujuan 6, Akses Air Bersih dan Sanitasi.(fin)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *