Peresmian MPS di Bojonegoro, Gubernur Khofifah Puji Koperasi Kareb Punya Korporasi

TEKEN : Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa didampingi pihak terkait ketika menandatangani prasasti peresmian MPS Dander.
TEKEN : Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa didampingi pihak terkait ketika menandatangani prasasti peresmian MPS Dander.

SuaraBanyuurip.com — Arifin Jauhari

Bojonegoro — Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa melontarkan pujian terhadap Koperasi Kareb, sebab memiliki korporasi atau perusahaan, bukan sebaliknya sebagaimana lazim koperasi didirikan oleh anggota yang merupakan karyawan perusahaan.

Pernyataan perempuan nomor satu di provinsi ujung timur Pulau Jawa ini tercetus saat meresmikan Mitra Produksi Sigaret (MPS) Dander, di Desa Ngumpakdalem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Selasa (30/01/2024).

Dalam agenda ini, Gubernur Khofifah, didampingi oleh Pj Bupati Bojonegoro beserta jajaran Forkopimda, Direktur Bisnis Lembaga Pengelola Dana Bergulir atau LPDB KUKM, Kepala OPD Provinsi Jatim, Kepala OPD Bojonegoro, Direktur Utama PT. Kareb Alam Sejahtera, Direktur PT. HM Sampoerna Tbk, dan Kepala Sigaret Kretek Tangan (SKT) PT. HM Sampoerna Tbk.

Hadir pula Ketua Pengurus Koperasi PT Kareb Alam Sejahtera (KAS), Pengasuh Pondok Pesantren Al Fatimah, para Pengurus Paguyuban MPS Indonesia, para Pengurus dan Pengawas Koperasi Kareb, para Pemimpin dari 38 MPS se Indonesia, serta diikuti seluruh pekerja MPS Dander.

“Ini koperasi punya korporasi, itulah MPS Dander yang menjadi PT Kareb Alam Sejahtera dan induknya itu Koperasi Kareb, biasanya korporasi bikin koperasi, ini luar biasa,” kata Khofifah Indar Parawansa dalam sambutan.

Baca Juga :   Karyawan Pabrik Rokok Bojonegoro Kesurupan Massal

Hal itu disebutnya menjadi referensi terhadap peran ekonomi koperasi di Indonesia sebab koperasi adalah soko guru ekonomi Indonesia.

Mantan Menteri Sosial ini juga menyebut hadirnya MPS Dander sebagai MPS baru bakal mensupport (mendukung) ekosistem di Bojonegoro.

“Mari bersama-sama kita menyatakan pembukaan MPS Dander ini dengan bacaan Basmalah, mudah-mudahan sukses, manfaat, dan barokah,” ucap Khofifah.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa bersama-sama dengan pihak terkait menekan tombol sirine sebagai tanda peresmian MPS Dander.
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa bersama-sama dengan pihak terkait menekan tombol sirine sebagai tanda peresmian MPS Dander.

Direktur Koperasi Karyawan Redrying Bojonegoro (Kareb), Sriyadi Purnomo mengatakan, bahwa PT KAS sebagai anak perusahaan dari Koperasi Kareb telah menjadi MPS yang ke 39 dengan jumlah karyawan tercatat mencapai 3.090 orang.

“Tak disangka, Alhamdulillah Koperasi Kareb secara tidak langsung membawahi sekira 6.500 karyawan,” ungkapnya.

Rinciannya, terdiri 3.090 karyawan di MPS Dander, 2.600 ada di MPS Kapas, dan 1.000 karyawan lainnya berada di seluruh unit usaha lainnya termasuk di distribusi maupun transportasi.

Koperasi Kareb melakukan kerja sama dengan PT HM Sampoerna untuk mendirikan SKT di Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander, berarti menunjukkan kepada pemerintah bahwa pihaknya berperan aktif yang bertujuan untuk membantu mengurangi pengangguran dan kemiskinan di Kabupaten Bojonegoro.

“Kami bersama teman-teman MPS seluruh Indonesia juga mengucapkan terima kasih kepada PT HM Sampoerna yang selalu memberikan pekerjaan kepada kami sehingga terjadi penyerapan tenaga kerja luar biasa,” tuturnya.

Baca Juga :   Debit Air di Koro Menurun
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa didampingi pihak terkait menggunting pita pada salah satu tempat produksi SKT dalam peresmian MPS Dander.
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa didampingi pihak terkait menggunting pita pada salah satu tempat produksi SKT dalam peresmian MPS Dander.

Adanya MPS Dander juga menambah jumlah MPS di mana di Jatim sendiri terdapat 21 MPS, di Jateng terdapat 16 MPS, di Yogyakarta ada 4 MPS, dan di Jabar ada 2 MPS.

“Insya Allah akan berdiri lagi 5 MPS sehingga totalnya akan menjadi 43 MPS di seluruh Indonesia,” terangnya.

Sriyadi sempat pula memberikan pujian kepada Gubernur Khofifah, yang mana dia katakan sebagai pejabat yang selalu membantu MPS. Sebab tiap tahun selalu berkirim surat kepada presiden agar cukai SKT tidak naik.

“Ibu Gubernur memang sangat peduli kepada MPS, khususnya kepada ibu-ibu para pelinting kita menunjukkan dampak positif dalam meningkatkan perekonomian keluarga di masing-masing daerah,” tandasnya.

Seremoni peresmian ini ditandai dengan menekan tombol sirine oleh Gubernur Khofifah secara bersama-sama dengan pihak terkait, dilanjutkan penandatangan prasasti dan diteruskan dengan pengguntingan pita pada salah satu tempat produksi SKT dalam MPS Dander.(fin)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *