Ditemukan Pergeseran Suara, Bawaslu Bojonegoro : 120 Dokumen C Hasil Harus Dibuka

Ketua Bawaslu Bojonegoro, Handoko Sosro Hadi Wijoyo dalam wawancara cegat di gedung KPU Bojonegoro.
Ketua Bawaslu Bojonegoro, Handoko Sosro Hadi Wijoyo dalam wawancara cegat di gedung KPU Bojonegoro.

SuaraBanyuurip.com — Arifin Jauhari

Bojonegoro — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur menyebutkan sebanyak 120 dokumen C Hasil harus dibuka. Hal itu dilakukan sebab dari hasil pengawasan pemilu tingkat kabupaten ditemukan adanya pergeseran suara.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bojonegoro, Handoko Sosro Hadi Wijoyo mengatakan, ketika diketahui terjadi pergeseran suara, baik dari pihaknya maupun partai politik meminta agar langsung dilakukan pembetulan suara. Sebab temuan itu tak hanya dari Bawaslu, tetapi dari para saksi partai pun sama-sama mempunyai temuan.

“Setelah dilakukan pembetulan tetap harus ditulis di kejadian khusus, karena itu menjadi catatan kenapa suara itu berpindah,” katanya kepada Suarabanyuurip.com dalam wawancara cegat di gedung KPU Bojonegoro, Kamis (29/02/2024).

Meskipun ada temuan dalam tahapan rekapitulasi, tetapi proses itu tidak berhenti dan tetap harus berjalan. Sedangkan pada oknum penyelenggara yang ditengarai melakukan pergeseran suara akan tetap diproses sesuai perundang-undangan.

“Tetapi kita menyebutnya oknum ya, akan kami proses, dan itu bagian terpisah,” ujar pria yang akrab disapa Hans ini.

Baca Juga :   Bawaslu Bojonegoro Copot 2.890 APK Langgar Aturan
Ketua KPU Bojonegoro, Fatkhur Rohman dalam wawancara doorstop di aula KPU setempat.
Ketua KPU Bojonegoro, Fatkhur Rohman dalam wawancara doorstop di aula KPU setempat.

Disinggung mengenai berbagai masalah yang muncul itu kemudian berakibat rekapitulasi menjadi lambat atau molor dari jadwal yang telah direncanakan. Hans menilai hal itu sebagai sebuah konsekuensi.

“Sebetulnya itu konsekuensi kalau di tingkat kecamatan kemarin itu banyak terjadi ketidaksesuaian yang akhirnya wajib dibetulkan di KPU,” tegasnya.

“Karena semua permasalahan harusnya selesai di tingkat masing-masing, kalau tidak selesai maka akan dilakukan pembetulan di tingkat lebih atas, di provinsi juga sama akan begitu,” lanjut mantan aktifis ini.

Terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro, Fatkhur Rohman menyatakan, rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perolehan suara tingkat kabupaten belum final.

“Malam ini kami berikan hasil rekapitulasi kabupaten kepada para saksi (partai) dan Bawaslu untuk dicermati, dan besok kami lakukan finalisasi untuk tahap akhir,” ungkapnya.

Oleh sebab itu rapat pleno akan dilanjutkan besok Jumat (1/3/2024) untuk dilakukan pencermatan lagi pada D Hasil kabupaten mulai pukul 08.00 WIB.

Alumnus Unair ini mengakui diperlukan penambahan waktu karena proses rekapitulasi berjalan sangat dinamis. Lagipula pihaknya harus menampung semua usulan baik dari peserta pemilu maupun Bawaslu.

Baca Juga :   Hasil Musdes Putuskan Pemekaran Menjadi Desa Sukorejo dan Desa Jambean

“Yang terpenting tidak melebihi ketentuan yang ada di jadwal tahapan, yakni tanggal 5 Maret 2024,” tandasnya.(fin)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar